blank
Sebuah alat berat disiapkan untuk melakukan pembongkaran jembatan lama. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hal mengembirakan gembira akan dirasakan warga di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo dan Desa Tanggirejo, Kecamatan Tegowanu. Pasalnya, jembatan yang merupakan aset BMN BBWS Pemali Juana ini akan dibangun PT Semen Grobogan.

Sebelumnya, jembatan tersebut dibangun pada 1970 dengan panjang 3,5 meter. Jembatan ini akan dibuat baru dengan bentang 10 meter.

Pembangunan jembatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan akses jalan dan aktivitas perusahaan serta masyarakat setempat. Selain itu, pembangunan jembatan ini dilakukan untuk menjaga aset BMN dan kelangsuntan pelayanan irigasi.

Jalur saluran irigasi BGB 16a ini terletal di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo dan merupakan jembatan saluran irigasi Glapan.

Berdasarkan surat persetujuan rekomtek No.02.03-Ao/70 tanggal 21 Januari 2021 tentang izin pembuatan jembatan baru, pembongkaran jembatan dilakukan.

Pembongkaran disaksikan Subkor Keuangan dan BMN Arianto, Subkor Pengendalian Pelaksanaan Irigasi Rawa, Perwakilan Dinas PUPR Kab. Grobogan, Kepala Desa Sugihmanik, Perwakilan Desa Tanggirejo, Babinsa Tegowanu, Direksi PT Semen Grobogan.

“Kami sangat mengapresiasi adanya pembangunan jembatan milik BBWS Pemali Juana ini oleh PT Semen Grobogan karena dengan ini dapat meningkatkan akses bagi masyarakat juga,” ujar Imam Santoso, Kepala Desa Sugihmanik kepada wartawan.

Hana Eswe-wied