blank
Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, Endang Surani SSit MKes, (ketiga dari kiri bawah) berfoto bersama tim LP3M Unissula

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seiring perkembangan waktu tuntutan bagi perguruan tinggi untuk memberikan layanan pendidikan bermutu semakin kompleks. Setiap perguruan tinggi mempunyai strategi dan caranya sendiri sendiri.

Unissula saat ini merupakan satu dari sedikit kampus di Jawa Tengah yang telah terakreditasi institusi A yang akan berlaku hingga 2024 mendatang. Lantas apa strategi Unissula untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut untuk menjadi kampus unggul tahun 2024 mendatang?

Berikut wawancara dengan Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Endang Surani SSit MKes.

Langkah yang akan ditempuh Unissula untuk meraih akreditasi unggul tahun 2024?

Kami mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan untuk kemudian dipilih strategi yang tepat berdasarkan analisis SWOT tersebut. Analisis SWOT tersebut berbasis pada evaluasi kinerja tahun-tahun sebelumnya, dengan melihat trend capaian dan kemampuan ini maka dijadikan baseline untuk menentukan target pemenuhan syarat perlu terakreditasi dan syarat perlu peringkat akreditasi perguruan tinggi (APT) maupun pencapaian skor maksimal butir-butir penilaiannya.

Hal ini menuntut Unissula untuk melakukan sinkronisasi sistem pengendalian mutu internal (SPMI) dan sistem pengendalian mutu eksternal khususnya pada capaian indikator indikator kinerja pada matrik penilaian APT 3.0 maupun dari akreditasi program studi (APS) 4.0 BANPT.

Selain sinkronisasi hal apa yang dirasa penting?

Setelah sinkronisasi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah sinkronisasi target dari level universitas sampai ke level unit kerja khususnya program studi. Dengan peningkatan kinerja dan penguatan kerjasama serta pengawalan tiap tiap bidang dengan berbasis siklus PPEPP SPMI maupun integrasi kegiatan berbagai unsur terkait, diharapkan terjadi sinergi pencapaian hasil kinerja yang maksimal.

Langkah yang paling utama adalah usaha ruhiyah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan dan petunjuk serta pertolongan-Nya agar dimudahkan dalam membangun komitmen bersama guna mencapai dukungan dari semua pihak, kesatuan gerak langkah di bawah kepemimpinan Rektor.

Seberapa besar peluang dan keunggulan yang dapat mendorong tercapainya akreditasi unggul ?

Setiap perubahan eksternal baik yang positif maupun negatif, apakah berupa kebijakan, kondisi/tuntutan stakeholder maupun kondisi lain dianggap sebagai sebuah peluang perbaikan, lompatan, inovasi yang mampu mengubah energi negatif menjadi positif dengan keunggulan yang mendorong adalah ukhuwah islamiyyah dan kekuatan Budaya Akademik Islami yang mampu memberikan ghirah semangat kejuangan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi umat sebagai rahmatan lil’alamin.

Setiap individu diharapkan memiliki unggulan motivasi dasar bahwa semua aktivitas hanyalah untuk beribadah kepada Allah sesuai Al Qur’an surat Adzariyat (51) ayat 56 dan sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain.

Adakah faktor yang menjamin sebuah universitas akan eksis dimasa depan?

Kemampuan menangkap kebutuhan stakeholder baik lokal, regional, nasional dan internasional dengan forcasting dan futuristik, memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menjawab kelemahan dan ancaman di masa kini dan yang akan datang.

Berbekal implementasi budaya mutu dan komitmen peningkatan berkelanjutan maka diharapkan sebuah universitas dapat selalu eksis