blank
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau dapur umum korban banjir. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kudus, beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. Untuk membantu warga yang terdampak, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus, HM. Hartopo didampingi Camat Kaliwungu menyalurkan ratusan paket bantuan dari Baznas RI dan provinsi pada Selasa (2/2).

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga meninjau pelaksanaan dapur umum untuk memastikan kebutuhan logistik terpenuhi.

Hartopo menyampaikan apresiasi kepada Baznas atas bantuan untuk korban banjir. Bantuan yang disalurkan yakni 250 paket bantuan senilai 200 ribu rupiah serta 50 kardus peralatan mandi dan selimut. Diharapkan, bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan korban banjir.

blank
Plt Bupati Kudus HM Hartopo berbincang dengan korban banjir Kaliwungu. foto:Suarabaru.id

“Kami sangat apresiasi, mudah-mudahan bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak banjir. Terima kasih kepada Baznas RI dan provinsi,” ujarnya.

Disamping itu, Hartopo mengungkapkan rencana pembuatan embung pada wilayah tersebut untuk menanggulangi banjir di waktu mendatang. Rencana tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020. Namun, pembuatan embung tertunda akibat refocusing anggaran terkait penanggulangan Covid-19.

“2020 sudah kita rencanakan pembuatan embung, ternyata ada refocusing untuk penanggulangan Covid. Di sini, tempatnya rendah maka harus ada tempat penyerapan, makanya perlu embung dan sodetan untuk aliran air,” ungkapnya.

Pembuatan embung direncanakan di dua titik, Kaliwungu dan Mejobo. Hartopo mengatakan, tiap embung akan memerlukan luas lahan 3-4 hektar. Selain sebagai tempat penyerapan air, embung nantinya akan berfungsi untuk irigasi.

“Dua fungsi embung ketika musim hujan untuk penyerapan, kalau kemarau sebagai irigasi, jadi sangat bermanfaat. Kalau kondisi sekarang, penyerapan alami menunggunya agak lama,” tuturnya.

Usai penyerahan bantuan, Plt Bupati meninjau Posko Penanggulangan Bencana di Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati. Di sana, dirinya menjumpai beberapa beberapa korban banjir yang memilih mengungsi. Hartopo meminta Camat untuk terus memantau kondisi wilayah dan kebutuhan warga yang terdampak banjir.

Tm-Ab