blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan), menerima piagam penghargaan dari Perhutani Jateng yang diserahkan oleh Administratur Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta (kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Christian Tobing, menerima penghargaan dari Perhutani Divisi Regional Jateng. Penghargaan diberikan, karena berperan aktif ikut memelihara keamanan hutan (jaga wana) dan berhasil mengungkap sejumlah kasus illegal logging.

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, penghargaan diberikan Kamis (28/1), bertempat di Kantor Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta. Ditandai upacara penyerahan piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Tengah, Endung Trihartaka.

Yang penyerahannya, dilakukan oleh Administratur Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Surakarta, Sugi Purwanta. Penghargaan diberikan kepada Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kasat Reskrim Iptu Dhala Rimba Doa Sirrang, bersama para anggota Tipidter dan anggota Resmob, yang berhasil mengungkap sejumlah kasus illegal logging.

Mereka terdiri atas Kanit Tipidter Iptu Yahya Dhadiri, berikut Bripka Rudhianto Kurniawan, Brigadir Arviyan Cahya Utama, Briptu Hajir Sulthoni, Bripda Panji Setiawan, Bripka Ari Hartanto, Bripka Nurul Arifin, Brigadir Eko Budiyanto, Brigadir Hafid Rosadi, Briptu Agung Wiranto, dan Briptu Andriyanto.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (ketiga dari kiri) dan Administratur Perhutani KPH Surakarta Sugi Purwanta (ketiga dari kanan), foto bersama dengan para penerima penghargaan.

Administratur Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta, mengatakan, pengharaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada Polres Wonogiri. ”Selama ini, kami telah bersinergi dengan Polres Wonogiri. Polres Wonogiri merupakan satu-satunya yang memperoleh penghargaan di wilayah Solo dan sekitarnya,” ujarnya.

Luas Hutan
Kata Sugi Purwanta, Perhutani KPH Surakarta, mengelola hutan seluas 32.000 hektare (Ha) yang tersebar di lima kabupaten. Lebih dari 20.000 Ha hutan di antaranya, berada di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah memberikan penghargaan. Ini terkait peran serta Polres dalam ikut menjaga hutan, dan penanganan terhadap kasus-kasus illegal logging. ”Penghargaan ini, memicu semangat Polres Wonogiri untuk melindungi hutan,” tandas Kapolres.

blank
Administratur Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta (kiri), menyerahkan penghargaan kepada Kasat Reskrim Polres Wonogiri Iptu Ghala Doa Sirrang (kanan).

Menurut Kapolres, ikut serta menjaga hutan dan pengungkapan kasus illegal logging, menjadi tanggung jawab Polres Wonogiri untuk terus berupaya meningkatkan kinerjanya. Juga dalam berupaya meningkatkan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Polres Wonogiri, saat ini berupaya meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). ”Dengan penghargaan ini, diharapkan ikut menjadi indikator penilaian positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tegas Kapolres sembari menyebutkan bahwa Polres Wonogiri Tahun 2020 meraih predikat  Wilayah Bebas Korupsi (WBK). ”Harapan kami, tahun ini berhasil meraih predikat WBBM,” ujar Kapolres.

Bambang Pur