blank
Personel Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri bersama para relawan siaga bencana, tampil melakukan penanganan di titik longsor JLS, yang memacetkan akses hubungan darat lintas antarprovinsi.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana alam tanah longsor, Kamis dinihari (28/1) tadi, terjadi di Dusun Sidorejo, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Dampaknya, memacetkan hubungan darat di jalur antarprovinsi lintas Gunungkidul (DI Yogyakarta)-Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim).

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, menyebutkan, bencana longsor terjadi setelah turun hujan lebat berkepanjangan. Menyebabkan lereng tebing tepi ruas jalan di Jalur Lintas Selatan (JLS) ambrol. Material longsorannya menimbuni badan jalan nasional di lintas antar provinsi tersebut.

Warga Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, menuturkan, bencana tanah longsor itu berangsung Kamis dinihari (28/1) Pukul 03.00. Titik longsor, berada di Dusun Sidorejo RT 01/RW 02, Desa Guwotirto, kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Berada di Kilometer 68 jalur Wonogiri-Pacitan.

blank
Begitu mendapatkan informasi terjadi bencana tanah longsor, aparat Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, langsung mendatangi ke titik longsor untuk melakukan penanganan.

Panjang 15 Meter
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (28/1), menyatakan, tebing tepi jalan yang longsor tersebut memiliki volume panjang sekitar 15 Meter (M) dengan ketinggian sekitar 18 M. Material longsorannya, berupa tanah berbatu kapur menimbuni badan jalan nasional.

Bencana tanah longsor itu, tandas Bambang Haryanto, dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sebelumnya. Dampak dari bencana tanah longsor tersebut, menyebabkan akses transportasi darat lintas provinsi macet. Utamanya untuk JLS di ruas Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogaykarta)-Pacitan (Jatim).

Upaya yang dilakukan, mengadakan koordinasi dengan Bina Marga Propinsi Jateng, Polsek Giriwoyo dan Polres Wonogiri, serta dengan DPU Kabupaten Wonogiri. Diharapkan, pihak Bina Marga Provinsi Jateng, segera mengirimkan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran yang menimbuni badan jalan.

blank
Bencana tanah longsor di Desa Guwotirto,Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri ini, telah menyebabkan kemacetan akses hubungan darat di lintas antarprovinsi.

Pengaturan Arus
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolesk Giriwoyo Iptu Wartadi, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Kamis (18/1), menyatakan, telah dilakukan penanganan di lokasi bencana.

Polisi bersama unsur terkait di Kecamatan Giriwoyo, melakukan pengaturan arus lalu lintas yang terjebak kemacetan. Ikut membantu penanganan di lokasi longsor, jajaran Koramil-08/Giriwoyo Kodim 0728 Wonogiri dipimpin Batuud Pelda Mukiyar dan aparat Kecamatan Giriwoyo pimpinan Sekcam Fuad. Bagi kendaraan kecil dengan tonase ringan, diarahkan untuk menempuh jalur alternatif lewat jalan desa. Pengaturan pengalihan arus lalu lintas ini, dilakukan bersama para relawan siaga bencana.

Bambang Pur