blank
Bantuan Bupati Banjarnegara telah diterima warga korban bencana. Foto: muharno zarka

BANJARNEGARA(SUARABARU.ID)-Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak semua kepala daerah untuk membantu korban bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Mengingat saat ini, Indonesia tengah dilanda bencana gempa bumi, banjir hingga tanah longsor. Banyak warga menderita akibat musibah bencana alam tersebut.

“Saya mengajak bupati-bupati di seluruh Indonesia untuk bergotong royong meringankan beban para korban bencana di beberapa daerah saat ini,” ujarnya, Kamis (21/1).

Ia mengaku sudah memberi bantuan kepada korban bencana alam di 5 kabupaten. Baik melalui uang pribadi atau anggaran Pemkab Banjarnegara.

Bantu Korban

blank
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Foto: muharno zarka

“Sejauh ini sudah mengirimkan bantuan keuangan ke Mamuju, Sulawesi Barat, Majene Sulawesi Barat, Banjar Kalimantan Selatan, Tanah Laut Kalimantan Selatan dan Sumedang Jawa Barat,” sebutnya.

Ia menyebut, jumlah bantuan untuk masing-masing kabupaten sebesar Rp 200 juta. Bantuan tersebut dibelanjakan kebutuhan pokok korban bencana alam di sekitar lokasi kejadian.

“Dari sini kami mengirimkan sejumlah uang. Besarannya Rp 200 juta. Nanti di sana baru dibelanjakan sembako untuk para korban,” terangnya.

Budhi mengaku menyambut baik surat dari Menteri Dalam Negeri perihal bantuan terhadap penanganan masyarakat terdampak bencana.

“Sebelum ada surat dari Mendagri, saya sudah mengawali duluan. Secara regulasi tidak apa-apa yang terpenting ada surat tanggap darurat dari daerah tersebut,” tambahnya.

Muharno Zarka