blank
PERBAIKAN - Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi mengecek langsung perbaikan Jalan Mataram Kota Tegal. (foto: dok humas)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Meminimalisir terjadinya kecelakaan di Jalan Mataram Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi didampingi Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal, Setyo Budi melakukan pengecekkan langsung perbaikan sebagian Jalan Mataram yang mengalami kerusakan parah dibeberapa titik, Kamis (14/1/2021).

Jumadi mengatakan, bahwa berdasarkan laporan dari warga terkait Jalan Mataram yang rusak parah, Pemerintah Kota Tegal merespon dengan segera melakukan perbaikan di beberapa titik mulai Rabu (13/1/2021).

Ia menyampaikan bahwa kerusakan parah di Jalan Mataram ini karena jalan tersebut merupakan jalan kota, dengan ketebalan aspal 10 cm sampai 15 cm, yang tidak mungkin kuat menahan beban kendaraan truk dengan muatan berat, yang saat ini melewati Jalan Mataram sebelum masuk ke Jalan Lingkar Utara (Jalingkut).

“Memang betul, Jalan Mataram ini memang jalan kota, jadi bukan untuk lewat truk-truk besar seperti yang sekarang terjadi. Akibatnya kemampuan jembatan, gorong-gorong dan jalan tidak mampu untuk menahan beban kendaraan yang luar biasa,” tutur Jumadi.

Namun demikian Pemerintah Kota Tegal melihat kondisi jalan seperti ini, langsung merespon dengan melakukan perbaikan. Menurut Jumadi, paling tidak perbaikan tersebut diupayakan agar jangan seperti kondisi seperti saat ini, yang bisa membahayakan karena di beberapa titik terdapat jalan berlubang.

“Saya sudah perintahkan Kepala DPUPR untuk melakukan perbaikan dan alhamdulillah kita mulai dari ujung selatan di sisi timur Terminal Bus Tegal kita perbaiki, minimal untuk meminimalisir kecelakaan-kecelakaan yang terjadi akibat jalan yang rusak,” tandas Wakil Wali Kota.

“Jadi kita perbaiki dulu, untuk sementara waktu, sambil melihat perkembangan untuk bisa dianggarkan lebih besar lagi, termasuk lewat Dana Alokasi Khusus (DAK),” imbuhnya.

Jumadi minta pengertian seluruh Warga Kota Tegal, dan berharap mudah-mudahan dengan perbaikan ini bisa mengurangi kecelakaan. Nantinya jalan lingkar utara yang sebentar lagi jadi, bisa mengurangi beban Jl. Mataram.

“Saya yakin, di bawah kepemimpinan Dedy Yon, Insya Allah hal-hal seperti ini langsung kita tindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan,” pungkas Muhamad Jumadi.

Nino Moebi