blank
Ganjar Pranowo saat menghadiri rapat koordinasi bersama Anggota DPRD Jateng, Selasa (12/1/2021). Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, alasan Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Surakarta sebagai tiga daerah pertama penerima vaksinasi covid-19 yakni, lantaran jumlah vaksin yang terbatas.

”Vaksin diprioritaskan di tiga daerah, karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Surakarta dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus. Maka dengan di hari pertama vaksinasi, Insya Allah pada tanggal 14, kita mulai berikan ke nakes dulu,” katanya, saat ditemui di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (12/1/2021).

Seperti diketahui, jumlah vaksin yang sudah tiba di Jateng sebanyak 62.560 dosis jenis Sinovac. ”Itu nanti hitungan kita masih ada sisa sekitar 8 ribuan. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan. Misal, setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan,” jelasnya.

Sementara itu, pengiriman atau distribusi vaksin ketiga daerah itu masih disiapkan detailnya, oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

”Vaksi belum dikirim. Keputusan BPOM kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu, delivery yang agak jauh nanti cuma Surakarta. Masih disiapkan oleh Dinkes, apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1,” tandas Ganjar.

Hery Priyono-Riyan