blank
Minggu tengah malam (3/1) menjelang dinihari tadi, dilakukan pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan Covid-19 di TPU Gobeh, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemakaman empat jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid di Kabupaten Wonogiri, Minggu (3/1), berlangsung sampai tengah malam. Dikuburkan di empat lokasi terpisah, yaitu di Kecamatan Wonogiri Kota, Jatisrono, Sidoharjo dan Kecamatan Ngadirojo.

Ini menjadi pemakaman secara Prokes yang ke 64 kalinya dalam tempo 33 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Dengan adanya penambahan penguburan empat jenazah tersebut, setidak-tidaknya itu menjadi pemakaman secara Prokes pencegahan pandemi Covid di Kabupaten Wonogiri yang kini totalnya mencapai sebanyak 141 jenazah.

Keempat jenazah dengan jenis kelamin wanita semua tersebut, merupakan pasien dari empat Rumah Sakit (RS). Yakni masing-masing satu jenazah dari RS Dokter Oen Solo Baru Kabupaten Sukoharjo dan RS Kasih Ibu Surakarta, serta dua jenazah dari RS di Kabupaten Wonogiri (dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri dan dari RS Medika Mulya Ngadirojo).

blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri bersama relawan dari berbagai komunitas, termasuk relawan tingkat kelurahan, menguburkan jenazah secara Prokes Covid di TPU Wonokarto, Kecamatan Wonogiri Kota.
TPU Wonokarto

Dinihari tadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, menyatakan, yang pertamakali dikuburkan adalah jenazah berinisial Ny TMN (63), warga yang bermukim di Jalan KS Tabun Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri.

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon) Ny TMN, dilakukan di RS Dokter Oen Solo Baru Kabupaten Sukoharjo, tempat dia menjalani perawatan sampai meninggal. Kemudian penguburannya, dilaksanakan Minggu (3/1) mulai Pukul 10.10 sampai dengan Pukul 10.44, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wonokarto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Haryanto, yang menjabat sebagai Pemimpin Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, untuk penguburan kedua, dilakukan pada jenazah Ny WKJ (60), penduduk Dusun Sendangrejo, Desa Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

blank
Warga dan pamong desa membantu membuatkan liang lahat untuk memperlancar penguburan jenazah secara Prokes pencegahan Covid. Di TPU Sendangrejo Gondangsari, Jatisrono, Wonogiri, warga juga memasang tenda untuk menyikapi cuaca hujan.

RS Kasih Ibu
Itu dilakukan setelah pemulasaran mayatnya, ditangani oleh pihak RS Kasih Ibu Kota Surakarta, tempat dia dirawat sampai menghembuskan napas terkahirnya. Prosesi penguburannya, berlangsung Minggu (3/1) mulau Pukul 13.00 sampai dengan Pukul 14.00, bertempat di TPU Sendangrejo Desa Gondangsari, Kecamatan Jatisrono (30 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Penguburan ketiga, dilaksanakan pada jenazah Ny SR (53), warga Dusun Kebon Agung, Desa Kebon Agung, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Untuk pemulasaraan jenazah Ny SR, dilakukan oleh pihak RS Medika Mulya Ngadirojo, Wonogiri, tempat dia menjalani opname sampai meninggal.

Prosesi penguburan jenazahnya, dilakukan Minggu (3/1) mulai Pukul 15.15 sampai dengan Pukul 15.50 di TPU Kebon Agung Kecamatan Sidoharjo (20 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).


Untuk penguburan keempat, dilakukan pada jenazah Ny SKJ (65), penduduk Dusun Gobeh, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Tindakan pemulasaraan jenazahnya, dilakukan oleh pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, tempat yang bersangkutan menjalani perawatan sampai meninggal.
blank
Dari Rumah Sakit, jenazah yang dikuburkan secara Prokes pencegahan Covid, langsung diangkut ke kuburan tanpa harus disemayamkan dulu di rumah duka.

Bersama Relawan
Untuk penguburannya, berlangsung Minggu malam (3/1) mulai Pukul 22.22 sampai dengan Pukul 23.40, bertempat di TPU Gobeh Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo (17 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Penguburan keempat jenazah wanita tersebut, dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri, bersama para relawan dari berbagai komunitas yang eksis di Kabupaten Wonogiri, dan memiliki ketrampilan dalam menangangi jenazah secara Prokes Covid.

Mereka itu terdiri atas relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI), relawan dari tingkat kelurahan, dari Komunitas Relawan Independen (KRI) dan dari Search And Rescue (SAR) Majelis Tafsir Alquran (MTA). Prosesi penguburannya, disaksikan oleh jajaran Forkompimcam dari empat kecamatan bersama Tim Medis dari Puskesmas Wonogiri, Ngadirojo, Sidoharjo dan Jatisrono, para aparat pemerintah desa/kelurahan di empat lokasi, beserta perwakilan dari keempat keluarga almarhumah.

Bambang Pur-mul