Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jateng, Kaswo bersama para staf saat penganugerahan penghargaan WBK. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam refleksi akhir Tahun 2020, Kepala Balai Diklat (Badiklat) Hukum dan HAM Jateng, Kaswo memaparkan capaian kinerja selama satu tahun.

Dengan indikator kerja utama menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di wilayah, Badiklat Hukum dan HAM Jateng, menjalankan tugas dan fungsi secara menyeluruh dan bersinergi sebagai suatu kesatuan organisasi dalam pencapaian kinerja yang optimal.

Menurut Kaswo, Badiklat Hukum dan HAM Jateng mengemban tugas pengembangan SDM ASN Hukum dan HAM pada 10 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang meliputi 11 Provinsi di Indonesia.
“Pada tahun 2020, Badiklat Hukum dan HAM Jateng, menyelenggarakan enam pelatihan teknis dan satu pelatihan fungsional dengan output 511 peserta, baik secara klasikal maupun e-learning, dan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selama masa pandemi covid-19 mengharuskan pelaksanaan pelatihan dialihkan yang semula tatap muka menjadi e-learning dan pembelajaran jarak jauh,” ungkap Kaswo di Semarang, Jumat (1/1/2021).

Disampaikan, dengan memanfaatkan teknologi informasi, Badiklat Hukum dan HAM Jateng aktif menjalankan Kemenkumham Corporate University dengan menghadirkan inovasi aplikasi Badiklat Learning Center, yang pada tanggal 18 Februari 2020 diresmikan oleh Plt Kepala BPSDM Hukum dan HAM meluncurkan aplikasi Badiklat Learning Center, yaitu aplikasi pembelajaran mandiri secara online.

“Aplikasi ini dapat diakses kapan pun, di mana pun sebagai sarana pemenuhan kebutuhan 20 JP bagi para ASN Hukum dan HAM,” kata Kaswo.

Bermacam kegiatan Kemenkumham Corpu juga dilaksanakan oleh Badiklat Jateng di internal maupun eksternal. “Beberapa kreativitas yang disesuaikan dengan konsep Kemenkumham Corpu dan mensiasati pandemic covid-19, dilaksanakan secara virtual di antaranya enam kegiatan Community of Practice dengan output 598 peserta, delapan kegiatan podcast atau Badiklat Talkpedia, culture change yang melibatkan 10 Kantor Wilayah, Webinar Nasional bersama pakar dengan total sekitar 2700 viewers melalui akun media sosial dan Youtube,” bebernya.

Selain itu ada juga pengembangan softskill pegawai Badiklat Hukum dan HAM Jateng  ditingkatkan melalui pelatihan pelayanan prima dan pelatihan public speaking.

Ning-trs