blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Adanya seorang warga Karimunjawa yang terkonfirmasi Covid-19 yang diberitakan SUARABARU.ID Kamis (24/12-2020) pagi tadi telah mendapatkan konfirmasi dari Juru Bicara Sartgas Penanganan Covid-19 Jepara Muh Ali M.MKes melalui percakapan WhatsApp sore tadi.

“Memang benar bahwa ada warga Karimunjawa yang berdasarkan pemeriksaan laboratorium terkonfirmasi Covid-19. Saya telah melakukan berkoordinasi  dengan  rumah sakit  tempat yang bersangkutan di rawat. Ia diketahui terkonfirmasi setelah dirawat dirumah sakit karena penyakit penyerta. Namun setelah dilakukan   pemeriksaan Swab PCR yang bersangkutan positif ,” ujar Muh Ali.

Disamping itu juga telah dilakukan komunikasi dengan pimpinan unit kerja. “Bahkan telah dilakukan rapid test antigen terhadap 50 teman kerja yang bersangkutan. Hasilnya semua dinyatakan non reaktif,” ujar Muh Ali.

Dijelaskan, dalam beberapa hari terakhir  memang pasien yang terkonfirmasi Covid-19 asal Karimunjawa ini sering bepergian ke Jepara.”Kemungkinan besar daerah transmisi atau penularannya adalah saat berada di Jepara,” ujar Muh Ali. Namun demikian tentu akan dilakukan pelacakan kontak erat untuk mengetahui sumber penularanya.

Sebagaimana diberitakan SUARABARU.ID tadi pagi, seorang warga Karimunjawa dikabarkan terkonfirmasi Covid-19. Yang bersangkutan  seorang adalah seorang  perempuan berusia 35 tahun yang tugasnya melayani masyarakat. Kini ia sedang dirawat disebuah rumah sakit.

Terkait dengan hal tersebut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, Muh Ali mengajak seluruh warga masyarakat Karimunjawa untuk memberikan dukungan terhadap proses penyembuhan. “Jangan sampai justru orang orang yang dinyatakan positif kemudian malah dikucilkan. Sebab virus corona ini bisa mengenai siapa saja,” ajak Muh Ali.

Disamping itu ia juga menggajak semua pihak untuk mengembangkan budaya baru dengan mentaati protokol kesehatan. “Menggunakan masker, menghindari kerumunan yang mengabaikan pemakaian masker dan cuci tangan pada hahekatnya adalah tindakan untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan  teman,” ujar Muh Ali.

Hadepe