blank
Relawan tim reaksi cepat Poerbonegoro memberi tanda dengan cat warna putih pada jalan berlubang di Jalan Daendels di Kecamatan Ambal, Kebumen.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Masa libur Nasional Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021 kondisi jalur Jalan Daendels dan jalur Ambal-Kutowinangun Kebumen terlihat banyak berlubang.

Lubang-lubang tersebut ada yang ukurannya cukup besar dengan kedalaman lebih dari 15 cm. Hal itu sangat membahayakan pengendara dan pengguna kendaraan, terlebih bagi sepeda motor dan kendaran roda tiga.

Mempertimbangkan peningkatan pengguna jalan di Jalan Daendels dan jalur Ambal-Kutowinangun tersebut,.sekelompok masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan terwadahi dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) Poerbonegoro di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, peduli memberi tanda pada lubang-lubang di jalan kabupaten itu dengan mengecat warna putih pada sisi lubang.

Menurut Ketua Forum Relawan PRB yang  juga Ketua TRS Poerbonegoro Agus Purwanto Rabu (23/12), demi kenyamanan pengguna jalan pihaknya terketuk nurani sebagai seorang relawan kemanusiaan memberi tanda warna putih.

blank
Relawan TRC Poerbonegoro didukung petugas Polsek Ambal Kebumen memberi tanda jalan berlubang dengan cat warna putih.(Foto;SB/Ist)

“Kami perlu membantu pengguna jalan untuk berhati-hati agar tidak terpelosok pada lubang. Karena ini sangat membahayakan, terbukti sudah banyak yang jatuh saat berkendara akibat terperosok pada lubang tersebut.
“Hal ini juga ingin membantu Pemerintah agar secepatnya ada perbaikan dengan memberikan tanda-tanda yang kami buat tersebut,”ujar   Agus Purwanto.

TRC Poerbonegara lahir dari inisiatif sekelompok orang yang peduli pada masyarakat yang sedang mengalami kesusahan, khususnya yang terdampak pada bencana alam. Tujuan dibentuknya TRC untuk melakukan aktivitas Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang anggotanya terdiri berbagai latar berlakang dan lapisan masyarakat. Seperti pedagang, PNS, buruh, dan wiraswasta. Sementara aktivitas TRC tersebut juga didukung oleh para pengusaha di Desa Ambalresmi.

Terbentuknya TRC menginspirasi terbentuknya Forum Relawan PRB di tingkat Kecamatan Ambal yang diakomodir oleh Forkopincam Ambal. Bahkan   Camat Ambal Edy Purwoko dan Sekcam Jujuk Juariyah mendukung penuh kegiatan kemanusiaan tersebut.

Pemberian tanda cat warna putih pada lubang sepanjang jalan sekitar 4 km di jalan raya itu juga diapresiasi Kapolsek Ambal AKP Joko Mardiyono. Bahkan Kapolsek Ambal menilai kegiatan relawan tersebut sangat membantu pengguna jalan raya untuk berhati-hati dan tidak terpelosok pada lubang yang lebar dan dalam.

Komper Wardopo