blank
Suasana perbaikan tanggul Sungai Aji di Desa Blorok, Kecamatan Brangsong.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Tanggul sungai di Desa Blorok, Kecamatan Brangsong yang jebol diterjang arus Sungai Aji pada Jumat sore kemarin, Sabtu(19/12/2020) pagi langsung dilakukan perbaikan.

Perbaikan tersebut melibatkan tenaga dari Kementerian PUPR Provinsi Jateng, PSDA Provinsi Jateng, DPUPR Kendal, anggota TNI 0715 Kendal dan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(DPUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono, MT., yang berada di lokasi mengatakan, sejak Jumat malam, pihaknya telah menerjunkan pegawainya datang ke lokasi.

Bahkan pintu air yang berada di Bendungan Juero telah dilakukan penutupan, sehingga air yang mengalir ke Sungai Aji tersebut langsung surut. Baru, pagi tadi pihaknya dengan puluhan orang, menutup tanggul yang jebol itu dengan tanah urug dengan menggunakan Begue.

“Saya berharap, hari ini bisa selesai. Jadi besok pagi bisa dilewati. Dan kami upayakan, nyambung aspal lagi setelah di kanan kiri tanggul itu kami bronjong,”kata Kepala DPUPR Kabupaten Kendal, Sugiono, MT.

Menurut Sugiono, target awal perbaikan tanggul yang jebol ini adalah, bisa menyambung terlebih dahulu agar masyarakat sekitar tidak terisolir, terlebih, jika hujan datang, air juga tidak bisa masuk ke permukiman warga.

Perlu diketahui, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Brangsong Kendal, Jumat Sore kemarin, mengakibatkan Sungai Aji meluap.

Karena tak kuat menahan beban arus sungai yang mengalir dengan cepat, tanggul selebar sekitar tiga meter di Desa Blorok itu jebol. Tak ayal, jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan puluhan rumah yang berada tak jauh dari lokasi terendam.

Beruntung, akibat terendamnya rumah warga ini, tidak sampai memakan korban jiwa.Sp-mm