blank
Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang, Yunarsih (tiga dari kiri) mengecek kesiapan peralatan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Natal dan Tahun Baru mendatang diupayakan listrik PLN tidak padam. Untuk keperluan itu PLN menyiapkan segala seauatu sejak sekarang.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang, Yunarsih, mengatakan hal itu sebelum Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Siaga Keandalan Pasokan Listrik Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kamis, (17/12/2020), di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Magelang Kota.

Acara ini diikuti perwakilan dari jajaran PLN UP3 Magelang. “Secara fisik dan mental kami siap, termasuk peralatannya, mobil dan segalanya,” tegasnya.

Dengan target, listrik jangan sampai mati. Kalau terpaksa mati, jangan lama-lama. Maka petugas harus siaga dan sigap selama 24 jam. Untuk mengatasi kalau ada gangguan. Tak lain karena saat ini sedang musim hujan. Lalu ada La Nina, di wilayah Magelang juga siaga Gunung Merapi. Maka harus full siaga. Fisik dan mental petugas harus betul-betul siap karena siaga selama 24 jam.

Untuk keperluan itu disiapkan multivitamin bagi petugas. Protokol kesehatan juga ditegakkan. Bagi setiap petugas diberi tas berisi multivitamin, masker, hand sanitizer, sabun, minyak kayu putih. Termasuk kain handuk, sarung tangan plastik, juga sendok dan garpu, termaauk alat cuci tangan.

Selebihnya Yunarsih mengatakan kegiatan itu dilaksanakan serentak di masing-masing unit PLN se UP3 Magelang. Yakni di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Parakan, Temanggung, Tegalrejo, Magelang Kota, Borobudur, Purworejo dan Kutoarjo.

Apel gelar pasukan itu diikuti oleh jajaran manajemen PLN UP3 Magelang, tim teknik, tim K2K3 (keselamatan ketenagalistrikan,  kesehatan dan keselamatan kerja), manajemen vendor pemeliharaan jaringan dan petugas pelayanan teknik (yantek) dari seluruh ULP.

Kegiatan tersebut, menurut Yunarsih dilaksanakan untuk mengecek dan memastikan kesiapsiagaan PLN dalam hal personel (pelayanan teknik, vendor, pekerjaan dalam keadaan bertegangan), armada, dan peralatan kerja, agar senantiasa siap menjaga keandalan pasokan listrik untuk menyambut Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, tambah Yunarsih, layanan Contact Center PLN 123 juga tetap siaga 24 jam melayani pelanggan. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.

Manager Bagian Jaringan, Radhitya, menambahkan  bahwa kondisi cuaca di bulan Desember menjadi tantangan tersendiri dalam Siaga Natal dan Tahun Baru.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PLN UP3 Magelang menyiagakan sebanyak 224 personel yantek, delapan personel PDKB, 85 personel vendor korektif, 28 kendaraan mobil pelayanan teknik, armada 14 unit mobil crane, dan 35 sepeda motor unit reaksi cepat (URC).

Eko Priyono