blank
Karang Taruna dan warga Sendangrejo, Kecamatan Bogorejo, Blora, Jateng, gotong royong membangin rumah Mbah Ganep. Foto : SB/Ist

 

BLORA (SUARABARU.ID) – Maklum jika Mbah Genep (64), warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Bogorejo, Blora, Jawa Tengah, kini merasa bangga dan wajahnya berbinar-binar, setelah berharap punya  rumah atau tempat tinggal yang layak huni segera terwujud.

Adalah Sujono, tokoh muda yang juga pegurus Karang Taruna desa setempat, sebagai penggagas kegiatan pembangunan rumah untuk Mbah Genep (64).

Rumah lelaki tua sebatang kara, Sabtu (12/22/2020), mulai dibenahi dan sudah berdiri sekitar 50 persen. Rumah sederhana tapi layak huni itu berdiri di tanah milik warga desa.

Kegiatan pendirian rumah berkat gagasan Sujono itu, dilakukan dengan menggalang dana seadanya melalui swadaya anggota Karang Taruna, warga Desa Sendangrejo serta donatur lainnya.

“Saat ini, Mbah Genep hidup sebatang kara dengan kondisi tak punya rumah, kami semua trenyuh dan ikhlas membantu,” papar Sujono.

Tanah Warga

Eli Nyunanto, warga Sendangrejo, mengaku bangga dengan sifat sosial kawan-kawannya, dengan harapan kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana dan barokah.

“Alkhamdulillah, kawan-kawan Karang Taruna dan warga rela bergotong mambantu mBah Genep,” beber Eli bersyukur.

Eli menambahkan, rumah itu dibangun diatas tanah warga, setelah sebagian tanahnya rela dipakai untuk bangunan rumah Mbah Ganep. Sujono kembali menjelaskan, dalam melakukan pembenahan rumah layak huni dengan target sepekan rsmlung, meskipun dana swadaya belum tercukupi.

“Dana memang belum cukup, tapi kami tetep menarget tujuh hari bisa terwujud rumah layak huni,” harap Sujono lagi.

Untuk keperluan itu, Karang Taruna Sendangrejo seperti tanpa lelah melakukan penggalangan dana keikhlasan secara swadaya dari warga lainnya,” pungkas Sujono.

Wahono-trs