Peta Mikro Zonasi Covid-19 Skala Desa Kabupaten Kebumen per 5/12.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen meledak lagi dengan rekor tertinggi dalam sehari. Pada Rabu (9/12) sebanyak 187 orang dinyatakan terkonfirmasi positif corona.

Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupayen Kebumen yang juga  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto dalam rilisnya diterima Kamis (10/12) mengungkapkan, dari sejumlah kasus terkonfirmasi positif tersebut merupakan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi terdahulu.

“Tingginya jumlah kasus terkonfirmasi positif hari ini dimungkinkan karena merupakan kasus yang terakumulasi sebagai akibat  keterlambatan diterimanya hasil lab,”jelas Cokro Aminoto .

Dia terangkan, hingga saat ini ini kasus suspek tercatat 165 orang. Dari sejumlah kasus suspek tersebut, dirawat 109 dirujuk 7 menjalani isolasi 49 orang.

Sedangkan kasus probabel hingga saat ini tercatat 143 orang. Dari sejumlah kasus probabel tersebut, Kasus probabel hingga saat ini tercatat 143 orang. Dari sejumlah kasus probabel tersebut menjalani perawatan 63, menjalani isolasi 2, meninggal dunia 78.

Menurut penjelasan Cokro Aminoto, pada Rabu (9/12) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal  bertambah 1 orang, atas nama Sum (52), perempuan,

Dengan demikian hingga 9/12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen total tercatat sudah menembus 3.036 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi, dirawat 272 orang,  menjalani isolasi 459 orang, dirujuk  5 orang, meninggal dunia 81 oranf dan telah sembuh sebanyak 2.219 orang.

Menyinggung Zonasi Risiko Covid-19, berdasarkan update peta mikrozonasi  05-12-2020, Kabupaten Kebumen masih masuk Zona Merah dengan 4 kecamatan masuk zona merah, 15 Kecamatan masuk Zona Oranye dan 7 Kecamatan masuk Zona Kuning.

Wilayah kecamatan Zona Merah meliputi Kecamatan Sempor, Rowokele, Gombong dan Pejagoan. Sedangkan Desa Zona Merah meliputi Desa Bonosari, Sempor, Kalibeji, Rogodono, Karangsari, Buayan, Kelurahan Gombong, Semanding, Mirit, KaranggedePetanahan, Karangpule dan Menganti.

Komper Wardopo-mul