Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo saat memusnahkan surat suara yang rusak dan lebih untuk kali pertama. Foto : hana eswe.
GROBOGAN (SUARABARU.ID)- KPU Grobogan melaksanakan pemusnahan 1.532 surat suara yang rusak dan lebih. Jumlah tersebut terbagi 766 SS yang rusak dan 766 SS yang lebih.
Pemusnahan SS tersebut dilakukan dengan cara dibakar di Halaman Kantor KPU Grobogan, Senin (7/12/2020) malam. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Kasatpol PP Grobogan Nur Nawanta, Kepala Bakesbangpol Grobogan Daru Wisakti, Bawaslu Grobogan Sakta Abaway Sakan dan Desi Ari Hartanta.
Menurut Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo, SS yang rusak meliputi kertas sobek, kotor karena tinta, warna pudar dan salah pemotongan.
“Hari ini kami melakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih. Masing-masing jumlahnya 766 buah. Total ada 1.532 surat suara yang dimusnahkan malam ini. Tadi disaksikan langsung Kapolres Grobogan, Kasatpol PP, perwakilan Bawaslu Grobogan dan juga Kepala Bakesbanglinmas Grobogan,” jelas Agung.
Usai melakukan pemusnahan dilakukan penandatanganan berita acara pada yang ditandatangani langsung oleh para Komisioner KPU Grobogan, Kapolres, Kasatpol PP, Kepala Bakesbangpol dan perwakilan Bawaslu Grobogan. Pelaksanaan pemusnahan SS tersebut berlangsung lancar.
Tak Ada Hambatan
Terkait logistik yang didistribusikan di hari terakhir ini, Agung menyebutkan semua berjalan lancar. Pergeseran logistik kotak suara dari gudang penyimpanan di Gedung Wisuda Budaya ke PPK berlangsung aman tanpa hambatan.
“Pergeseran logistik kotak suara dari KPU ke PPK sudah selesai, berjalan lancar dan aman. Tidak ada kendala. Meskipun hujan selama dua hari berturut-turut, tetapi armada kami sudah dibekali dengan terpal yang aman sehingga kotak suara tetap safety,” jelas Agung.
Armada untuk pendistribusian kotak suara dari gudang penyimpanan ke tingkat PPK tetap aman karena dilapisi terpal tebal. Foto : hana eswe.
Dikatakan Agung, seluruh KPPS sudah menyiapkan diri untuk setting TPS secara serentak pada Selasa (8/12/2020). Sementara sosialisasi berupa pengumuman dan pembagian surat undangan untuk pemilihan pada Rabu (9/12/2020), juga sudah disampaikan kepada masyarakat di masing-masing wilayahnya.
“Harapannya, segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan tahapan. Kami minta kepada masyarakat, agar jangan lupa datang ke TPS pada Rabu (9/12/2020). Jangan takut ke TPS karena semua sudah disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan,” tutupnya.
Hana Eswe
2 Lampiran