blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing didampingi Kabag Sumda Polres Wonogiri Kompol Sugeng Dwiyanto (kedua dan kesatu dari kiri), memberikan ucapan selamat kepada 64 personel Satpam yang selesai mengikuti Diklat Gada Pratama.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menegaskan, personel Satuan Pengamanan (Satpam), harus memahami tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya secara profesional. Penegasannya ini, disampaikan saat menutup Diklat Satpam Gada Pratama Tahun 2020.

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Senin (7/12), menyatakan, upacara penutupan Diklat Satpam digelar di gedung Akademi Kebidanan (Akbid)  Giri Satriya Husada Kabupaten Wonogiri. Diklat diikuti 64 peserta, ditandai dengan pelepasan atribut Diklat.

Kepada para peserta Diklat, Kapolres AKBP Christian Tobing, berharap, semoga ilmu yang didapat dari Diklat, baik itu teori maupun praktik, dapat bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan tugas selaku pengemban fungsi kepolisian secara terbatas. Yakni dalam ikut serta mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Pola 232 Jam
Diklat Satpam Gada Pratama pola 232 jam pelajaran ini, merupakan kualifikasi kepolisian terbatas tingkat dasar, yang diperuntukkan bagi pembentukan pertama anggota Satpam. Setiap anggota Satpam, minimal harus memiliki kualitas tersebut. ”Oleh sebab itu, saya selaku Kapolres Wonogiri mengucapkan terima kasih atas dedikasi, semangat para peserta yang selalu menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti diklat,” ujar Kapolres.

blank
Menandai selesainya pelaksanaan Diklat Satpam Gada Pratama, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan) berkenan melepas atribut Diklat dari perwakilan peserta.

Berkaitan masih adanya anggota Satpam di Wonogiri yang belum memiliki kualifikasi Gada Pratama, maka unit Kamsa Satbinmas Polres Wonogiri selaku fungsi pengawasan secara berkala akan melaksanakan supervisi dan sertifikasi pada instansi/perusahaan pengguna Satpam.

Tujuannya, untuk pendataan dan juga pengawasan араkаh keberadaan anggota Satpam tersebut telah memenuhi standar kualifikasi pendidikan minimal Gada Pratama. Juga bertujuan apakah penggunaan atribut Satpam, telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hadir dalam acara tersebut, Kabag Sumda Polres Wonogiri Kompol Sugeng Dwiyanto, Kabag Ren Polres Wonogiri Kompol Hadijah Sahab bersama para Kasat dan PJU Polres Wonogiri, perwakilan dari Gada Pratama Haryanto dan Eko. Dalam kesempatan itu, Kapolres tampil menjadi inspektur upacara, perwira dan komandan upacara dipercayakan kepada Kasat Binmas AKP Surono dan Iptu Hartoyo.

Bambang Pur