blank
Bantuan BUMDes Mart Tingkatkan Ekonomi Desa Di Cirebon

CIREBON (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salah satunya adalah, bantuan BUMDes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih di Kabupaten Cirebon.

BUMDes Mart ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa.

Bupati Cirebon Drs H Imron, MAg mengatakan, empat desa penerima BUMDes Mart merupakan desa terpilih dari 412 desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Untuk tahun ini, ada empat desa yang difasilitasi BUMDes Mart, yaitu Desa Bobos, Desa Jatipancur, Desa Kebon Turi, dan Desa Hulubanteng,” kata Imron, Kamis (26/11/2020).

Ada beberapa kriteria yang membuat empat desa ini terpilih untuk mendapatkan bantuan BUMDes Mart, yaitu ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir, ketaatan administrasi, kepengurusn BUMDes, dan kelayakan usaha BUMDes.

Usaha yang dilakukan dalam BUMDes ini bukan hanya berkutat pada penjualan barang pokok dan produk milik masyarakat saja, namun juga melayani sejumlah pembayaran lainnya, seperti pajak.

“BUMDes ini juga melayani transaksi non tunai,” ujar Imron.

Imron berharap, desa yang mendapatkan bantuan BUMDes ini nantinya bisa menjalankannya dengan profesional dan bisa menjaga kualitas dari produk yang dijualnya. Sehingga nantinya, BUMDes ini bisa bersaing juga dengan mini market yang sudah profesional.

“Harus profesional, kualitas terjamin dan harga standar,” kata Imron.

Kantor Imigrasi Palu Tutup Layanan, Empat Pegawai Positif COVID-19

PALU (SUARABARU.ID)- Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Sulawesi Tengah terpaksa menutup sementara pelayanan terkait dokumen keimigrasian menyusul empat pegawai terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Palu, Danil Rachman di Palu, Jumat (27/11/2020), membenarkan penghentian sementara pelayanan setelah mendapatkan hasil tes swab empat orang pegawai yang dinyatakan positif.

Keempat pegawai itu kini telah menjalani isolasi mandiri sambil menunggu tindak lanjut pemeriksaan dari instansi berwenang yang ada di daerah setempat.

“Mereka sementara ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Danil.

Meski pelayanan ditutup, tetapi khusus untuk pemohon dokumen perjalanan bagi masyarakat yang akan berobat ke luar negeri karena sakit dan mereka yang akan memperpanjang izin tinggal tetap diprioritaskan untuk mendapatkan layanan.

Jadi, kata dia, pelayanan hanya dikhususkan bagi hal-hal yang bersufat darurat.

Beberapa waktu lalu, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Palu menjalani swab tes di salah satu laboratorium kesehatan di Kota Palu.

Langkah mengehentikan sementara waktu kegiatan di kantor imigrasi semata-mata untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan bersama. “Ini kebijakan dari kepala kantor agar supaya dilakukan sterilisasi dan baru akan dibuka kembali pelayanan pada 2 Desember 2020,” katanya.

Hari ini suasana Kantor Imigrasi Palu yang berdekatan dengan Kantor Berita ANTARA Biro Sulawesi Tengah tampak sepi.Hanya ada seorang satpan yang siaga.

Padahal, hari-hari sebelumnya terlihat cukup ramai melayani para pemohon paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

Claudia SB