blank
Soim warga Ngargoretno, Salaman, Kabupaten Magelang (kiri) mendapat penghargaan aebagai juara lomba Wana Lestari Jateng. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Soim warga Desa Ngargoretno, Salaman  Kabupaten Magelang terpilih sebagai juara pertama lomba Wana Lestari tingkat Jateng.

Penyerahan penghargaan lomba tersebut dilakukan hari ini.

Menurut Soim lomba tersebut digelar Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah. Dia juara  dalam bidang Penyuluh Kelompok Swadaya Masyarakat/katagori PKSM.

Soim mengatakan bahwa perlombaan yang diikutinya sama sekali bukan merupakan tujuan dari gerakan konservasi dan penyelamatan alam lingkungan.

Penghargaan itu muncul karena beberapa aktivitas penanaman dan pembangunan mindset kawasan kehutanan. Dia  bekerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jateng 9 di Magelang melalui Aris Jatmiko, S.Hut., M.Sc., Mantri Kehutanan yang bertugas di Kecamatan Salaman.

Soim mengatakan bahwa penghargaan itu sebagai beban yang sangat berat. Namun pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih bahwa CDK wilayah  9  sedemikian menaruh simpati untuk gerakan konservasi,

Dia  berharap penghargaan itu tidak hanya berlalu begitu saja. Namun juga ada tindakan – tindakan yang riil untuk mewujudkan gerakan-gerakan konservasi.

Baik yang bersifat kebijakan, organisasi rakyat pelestari alam  maupun melakukan penghijauan penyelamatan kawasan Pegunungan Menoreh.

Penyerahan hadiah  dilaksanakan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng yang beralamat di Jalan Setyabudi Srondol Semarang.

Mantri Kehutanan di Kecamatan Salaman Aris Jatmiko S.Hut MSc merasa senang dan sangat terbantu dalam melaksanakan dan mengemban tugas negara.

“Semoga juara 1 PKSM tahun ini bisa memberikan manfaat dan mampu memancing timbulnya kader-kader baru di kawasan Menoreh,” katanya.

Eko Priyono-trs