blank
Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo menunjukkan seperangkat logistik yang disimpan di Gudang KPU. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Barang-barang logistik yang dipergunakan untuk Pilbup sebagian besar sudah tiba di Kabupaten Grobogan. Beberapa barang logistik ini diletakkan di beberapa tempat seperti gudang di Jalan P. Tendean dan Aula KPU Grobogan.

Terkait hal itu, Polres Grobogan bersama Bawaslu Grobogan mengecek langsung kondisi tempat penyimpanan barang-barang logistik tersebut.

Pengecekan tersebut dilakukan Kasat Intelkam AKP Susilo Kalis Rubiyono bersama anggota Bawaslu Grobogan, Sakta Abaway Sakan dan disaksikan langsung Ketua KPU Grobogan, Senin (16/11/2020).

Dalam pengecekan ini, KPU Grobogan mendapatkan beberapa masukan baik terkait penyimpanan logistik tersebut. Masukan tersebut disampaikan AKP Susilo terkait pemasangan CCTV di lingkungan gudang penyimpanan.

Menurutnya, hal tersebut dipandang perlu guna memantau pergerakan keluar masuk orang atau barang. Selain itu, pihaknya menyarankan KPU Grobogan agar menunjuk orang secara khusus untuk melakukan penjagaan gudang.

“Kami juga menyarankan kepada KPU agar memastikan gudang aman dari banjir, api dan gangguan orang yang tidak bertanggung jawab. Sediakan buku tamu di gudang, sehingga apabila ada tamu, baik dari internal maupun tamu dari luar dapat dicatatkan keperluannya untuk apa,” jelas Susilo.

Mayoritas barang-barang logistik KPU berbahan kertas dan mudah terbakar, KPU juga diminta untuk menerapkan larangan merokok. Selain itu, guna mengantisipasi adanya kebakaran, KPU juga diminta menyediakan alat pemadam api ringan (APAR).

Selalu Mendukung

Terpisah, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan menjelaskan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Grobogan, terutama dalam hal penyimpanan logistik Pilbup Grobogan 2020.

Pihaknya mendukung semua kegiatan KPU dan Bawaslu sejak awal sampai pendistribusian logistik maupun sampai dengan pelaksanakan dan penghitungan suara.

“Selama ini Polres selalu berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, terutama dalam penyimpanan logistik Pilbup Grobogan.”

“Polres selalu mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan KPU dan Bawaslu sejak awal sampai pendistribusian logistik maupun sampai pada pelaksanaan dan penghitungan suara.”

“Untuk pengamanan kami tetap koordinasi dengan KPU agar logistik disimpan di tempat yang aman dari banjir, api, alat pemadam api, serta kami mengimbau agar ada pemasangan CCTV,” kata Kapolres, saat dikonfirmasi.

Respon Cepat

Sementara itu, Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas masukan dari Polres Grobogan dan Bawaslu Grobogan saat pengecekan gudang logistik tersebut. Menurut Agung, untuk gudang logistik dan gudang yang ada di KPU Grobogan, tetap terpantau dengan pengamanan, baik dari petugas khusus maupun kepolisian.

“Hari ini, kami bersama Polres Grobogan dan Bawaslu Grobogan mengadakan pengecekan gudang logistik, baik yang di Jalan P. Tendean maupun di gudang KPU. Alhamdulilah, pengecekan berjalan lancar. Beberapa saran kami terima, diantaranya menyarankan keamanan, kemudian terkait dengan cuaca dan gembok yang harus ditambah lagi. Secara umum, tidak ada masalah,” jelas Agung.

Terkait dengan cuaca, pihaknya mengungkapkan tetap mengantisipasi kemungkinan kendala kebocoran atau limpasan air tidak mengenai logistik yang tersimpan di dalam gudang. Pihaknya menyatakan, saat ini sedang berkonsentrasi untuk penyaluran logistik APD yang sudah tiba ke seluruh kecamatan.

Hana Eswe-Wahyu