Masa New Normal, Disiplin 3M Perlu Dijalankan
Anggota Komisi A DPRD Jateng mengikuti Opsgab Gakprotkes Covid-19 di Kota Surakarta, Rabu (11/11/2020).

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Komisi A DPRD Provinsi Jateng mengikuti kegiatan operasi gabungan penegakan Disiplin 3M protokol kesehatan (Opsgab Gakprotkes) Covid-19 di Kota Surakarta, Rabu (11/11/2020).

 

Dalam kegiatan itu, para anggota dewan tampak antusias ikut memberikan imbauan protokol kesehatan berupa pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

 

Hadir pula dalam operasi tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri.

 

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jateng Mohammad Saleh mengaku sangat mendukung kegiatan operasi tersebut karena dampaknya bisa semakin menyadarkan masyarakat untuk selalu memakai masker saat ke luar rumah.

 

“Harapannya, masyarakat lebih sadar dan disiplin menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Jadi, ini penting dilakukan masyarakat, baik di rumah maupun di tempat umum,” kata Politikus Golkar itu.

 

Sementara, Quatly mengakui selama ini masih ada masyarakat yang menyepelekan protkes seperti malas memakai masker saat keluar rumah. Untuk itu, ia mendukung adanya ‘razia’ masker agar masyarakat lebih disiplin.

 

“Dengan adanya sanksi saat razia, maka mereka bisa sadar bahaya selama pandemi Corona ini. Karena, jika sudah terpapar Corona, tidak mudah untuk mengatasinya,” ungkap legislator dari Fraksi PKS itu.

 

Kepala Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan menambahkan kegiatan Opsgab Gakprotkes itu sesuai dengan aturan dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Perwal Kota Surakarta Nomor 26 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19. Di dalam aturan tersebut menyebutkan bahwa masyarakat harus mentaati 3 M.

 

“Disini, kami ingin menyadarkan masyarakat untuk lebih patuh menjalankan 3 M. Sasarannya, pengendara bermotor yakni sepeda motor dan mobil serta pejalan kaki. Bagi pelanggar, akan menerima sanksi, salah satunya berupa membersihkan sampah yang ada di saluran drainase,” kata Arif.