blank

Kemenangan Southampton 2-0 atas Newcastle United pada Sabtu 7 November 2020 dinihari sudah cukup untuk menyingkirkan Liverpool dari puncak klasemen sementara Liga Inggris, setidaknya sampai laga tandang the Reds di Manchester City, Minggu malam.

Che Adams butuh dua kali serangan dalam selisih beberapa detik ke gawang Karl Darlow untuk merobek gawang Newcastle United dan membawa Southampton naik ke puncak klasemen Premier League untuk pertama kalinya musim 2020/2021 ini, sebuah pencapaian besar di bawah manajer Ralph Hasenhuettl setelah musim lalu The Saints hanya mampu finish pada urutan 11 klasemen pada akhir musim.

Pertandingan baru berjalan enam menit lebih 47 detik ketika Che Adams memperoleh bola sedikit di luar kotak penalti Newcastle dan melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri atas gawang Karl Darlow. Gagal! Kiper itu terbang untuk menepis bola ke sisi kiri lapangan. Tapi bola kemudian dijemput rekan-rekannya dan mantan pemain Arsenal Theo Walcott kemudian mencuri bola dari kaki pemain Newcastle dan mengumpan secara manis bagi sang striker No 10 itu, yang melepaskan tendangan keras tak terhentikan. Skor 1-0!

Laga Liga Inggris di St Mary’s Stadium ini berlangsung kurang seimbang dengan seluruh aspek pertandingan didominasi oleh tuan rumah. Southampton bukan saja mendominasi penguasaan bola sampai 62 persen tapi juga melepaskan tujuh serangan on target selama 90 menit, selain empat percobaan serangan yang meleset dari sasaran. Bandingkanlah itu dengan apa yang dicapai oleh anak-anak Steve Bruce, kebagian hanya 38 persen dominasi bola, serta melepaskan satu saja shot on target dan satu off target. The Magpies finish pada urutan 13 akhir musim kemarin.

Jumlah serangan yang masif dari tuan rumah itu sepertinya hanya menunggu waktu sebelum gol kedua terjadi dan benar saja Stuart Armstrong menambahkan gol kedua The Saints hanya selang beberapa menit saja sebelum waktu pertandingan berakhir.

Newcastle United sepertinya ditakdirkan untuk kebobolan lebih banyak gol. Satu di antaranya melalui serangan Oriol Romeu pada menit 51 ketika tembakannya hanya menghantam mistar gawang. Beberapa detik sebelumnya sang pencetak gol pertama tuan rumah, Che Adams, menyambar bola muntah tapi tembakannya dari jarak lumayan dekat berhasil dibersihkan oleh kiper Karl Darlow. Selain itu, ada dua insiden pemain Ralph Hasenhuettl terjatuh di dalam kotak penalti tapi diabaikan wasit.

Penampilan hebat kiper Karl Darlow itu terlihat dalam serangan nyaris gol dari mantan pemain Barca Oriol Romeu menit 51, dengan sentuhan jarinya menyebabkan si bundari berubah posisi dan menyambar mistar gawang. Lihat di sini.

Tidak ada gol lagi. Hasil Liga Inggris Southampton vs Newcastle United usai dengan skor 2-0. Dengan perolehan tiga poin ini maka The Saints naik ke puncak klasemen dengan perolehan 16 poin, sama banyaknya dengan Liverpool tapi unggul selisih gol. The Reds akan tandang ke Etihad Stadium pada Minggu malam.

Gilbo