blank
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dr Ratri S Survivalina, saat memberikan keterangan soal perkembangan kasus covid-19 di Boyolali. Foto: antara

BOYOLALI (SUARABARU.ID)– Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menyebutkan, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di wilayahnya. dari hari ke hari semakin menurun. Hal ini karena kesadaran masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan terus meningkat.

Jumlah tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Boyolali, hingga Kamis (5/11/2020), hanya ada tiga kasus. Sehingga secara akumulasi jumlahnya menjadi 1.168 kasus.

”Jumlah tambahan warga yang terkonfirmasi positif covid-19 di Boyolali, pada Selasa (3/11/2020), sebanyak tujuh kasus. Dan hingga Rabu (4/11/2020) malam, bertambah tiga kasus atau semakin dapat ditekan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dr Ratri S Survivalina, di Boyolali, Kamis (5/11/2020).

BACA JUGA : Walkot Tegal Minta OPD Komitmen Tanggulangi Stunting

Menurut dia, tambahan tiga kasus terkonfirmasi positif covid-19, saat mereka dirawat di RSUD Moewardi dan RS PKU Solo.

Ratri menambahkan, dari 1.168 kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 di Boyolali itu dengan rincian sebanyak 88 kasus masih dirawat di rumah sakit, dan 71 kasus isolasi mandiri, lalu 962 kasus sudah dinyatakan sembuh, serta 47 kasus meninggal dunia.

”Warga yang sudah dinyatakan sembuh di Boyolali, sebanyak 962 kasus atau sekitar 82,4 persen. Sedangkan angka kematian sebanyak 47 kasus atau empat persen. Boyolali masih masuk zona orange atau sedang. Kami berharap segera masuk zona kuning, dan kemudian ke hijau,” ujar Ratri lagi.

Bahkan, lanjut dia, wilayah Boyolali sebelumnya telah didatangi Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Jateng, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk melakukan monitoring ke daerah, guna melihat secara langsung penanganan covid-19.

Sambut Baik
Pada kegiatan monitoring ke daerah Boyolali itu, dipimpin Liaison Officer (LO) Covid-19 Wilayah Jateng, Oneng Subroto, Mereka melihat langsung fakta yang ada di lapangan, pada Rabu (4/11/2020).

Menurut Oneng Subroto, pihaknya setelah melihat penurunan angka positif covid-19 di Kabupaten Boyolali, menyambut baik capaian pemerintah daerah dalam menangani kasus ini.

”Boyolali sudah mulai menurun, jadi peningkatan yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Boyolali, dari merah sekarang sudah orange. Mudah mudahan dalam waktu dekat jadi kuning dan langsung ke hijau. Karena memang kenaikan tidak terlalu signifikan,” sebut Oneng.

Pemkab Boyolali sendiri sudah berupaya maksimal, dalam menekan kasus pertambahan positif covid-19. Sehingga pihaknya tidak bosan untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat, akan pentingnya penerapan protokol kesehatan, agar angka penambahan dapat terus ditekan.

Ant-Riyan