blank
Dalam kunjungannya ke Kabupaten Pacitan, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa (kedua dari kanan) berkenan menyerahkan aneka bantuan. Termasuk bantuan yang diterimakan langsung kepada para abang becak.(Foto:Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Langkah penanganan di Kabupaten Pacitan menjadi yang terbaik.

Penegasan orang pertama di Provinsi Jatim itu, disampaikan saat acara penyerahan bantuan yang digelar di pendapa Kabupaten Pacitan, Minggu (18/10). Menurut Gubernur, Pacitan sebagai kabupaten di ujung selatan Jatim, telah terbukti mampu mengendalikan wabah virus corona, sehingga tidak terjadi ledakan penyebarannya.

”Dari 38 kabupaten dan kota di Jatim, Kabupaten Pacitan paling bagus dalam pengendalian Covid-19,” ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Menurut Gubernur Khofifah Indar Parawansa, apa yang dilakukan Bupati beserta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Pacitan dalam penanganan dan pengendalian Covid-19, menjadi bukti bahwa semua bergerak, bersinergi dan berkolaborasi dengan baik.

blank
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa (depan) memimpin olahraga sepeda sehat di Kota Pacitan. Ini dilakukan dalam upaya sosialisasi Jatim Bermasker, untuk pencegahan Covid-19.(Foto:Pemkab Pacitan)

Sampai saat ini, angka penderita positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan, tergolong paling rendah, begitu pula dengan angka kematiannya. ”Apa yang sudah dicapai ini, jangan sampai kendor namun tetaplah patuh menjalankan protokol kesehatan termasuk memakai masker,” tandas Gubernur.

Patuh Prokes
Terkait dalam menghadapi Pilkada 2020, Gubernur minta masyarakat mengikuti semua proses dengan baik, dan senantiasa tetap patuh pada protokol kesehatan (Prokes). Gubernur berharap, pandemi ini segera berlalu, agar ekonomi kembali bergerak serta masyarakat menjadi sehat.

Menurut Bupati Pacitan Indartato, sampai saat ini jumlah penderita positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan ada sebanyak 178 kasus. Dari jumlah itu, terkonfirmasi sembuh 134 orang, meninggal 4 orang, dan 40 pasien masih dalam pemantauan.

blank
Sebagai upaya pencegahan wabah virus corona, Bupati Pacitan Indartato (kiri), menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.(Foto:Pemkab Pacitan)

Humas Pemkab Pacitan, mengabarkan, bantuan yang diserahkan Gubernur Jatim kepada masyarakat Pacitan, antara lain sertifikat program strategis nasional instansi pemerintah dan lembaga keagamaan, BLT, bantuan permodalan Bumdes, dan bantuan masker pendamping desa.

Juga diterimakan bantuan sosial beras bagi KPM, PKH dan bantuan kredit program dana bergulir. Berikut penyaluran dana KUR dari bank BRI, BNI dan Bank Mandiri, bantuan subsidi upah serta santunan kepada anak yatim piatu.

Bambang Pur