blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberikan sembako kepada para disabilitas di Rumah Inklusi Kembakaran, Sabtu 3/10.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Berbagai upaya digencarkan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan jajaran menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) penggunaan masker dan menghindari kerumunan.

Sosialisasi tersebut menyasar para pengendara di jalan, disabilitas, santri hingga ojek on line (ojol) sampai pedagang kaki lima. Bagi mereka yang patuh diberi hadiah sembako dan sayuran.

Bahkan pada Sabtu (3/10) Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama bersama Pejabat Utama Polres menggelar Sidak di tiga titik, yakni Rumah Inklusif Desa Kembaran, Kebumen, Ponpes Salafiyah Wonoyoso Kelurahan Bumirejo, Kebumen dan Sahabat Disabilitas Kebumen.

blank
Tukang ojek on line (ojol) diberi sembako oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan sembari diminta mengajak penumpang mematuhi protokol kesehatan.(Foto:SB/Ist)

Kapolres pun memberikan apresiasi dengan menyerahkan beras yang tiap kantongan 5 Kg untuk sahabat dan anak santri yangg tertib mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker, menghindari kerumuman dan sering mencuci tangan.

Menurut AKBP Rudy Cahya Kurniawan, total ada 270 bungkus beras yang dibagikan hingga tingkat Polsek khusus pada hari itu. Sedangkan untuk sayur mayur yang dibagikan ke ibu-ibu pengendara yang tertib bermasker di jalan, dibeli dari pedagang sayur untuk menolong mereka saat omset menurun drastis selama  pandemi corona.

“Dari kegiatan ini kami ingin bersilaturahmi sembari mengecek sejauhmana protokol kesehatan ditegakkan. Bagi yang telah tertib kami berikan reward,”jelas Kapolres AKBP Rudy Cahya.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberi sayuran kapada pengenda motor yang tertib mengenakan masker.(Foto:SB/Ist)

Upaya tersebut dinilai efektif dan konstruktif, karena memberikan acuan, rangsangan serta sebagai pemicu kepada masyarakat yang memakai masker supaya lebih banyak, dan lebih terbiasa. Tujuannya bukan semata memberi sanksi, namun mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres pun berpesan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Kasus positif corona di Kebumen terus naik. Bahkan sejumlah pasien corona dilaporkan meninggal dunia sehingga butuh kesadaran bersama untuk bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Komper Wardopo