blank
Paslon Pilkada Blora 2020 dengan nomor urut hasil undian masing-masing. Foto: SB/Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) pengundian nomor urut pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Blora, Kamis (24/9/2020), berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Ketiga pasangan calon (paslon) memang sudah mengambil nomor. Ketiganya pun mengaku, nomornya sesuai harapan, dan dinilainya bermakna, serta nomor kemenangan untuk bertarung di arena Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Setelah dilakukan pengundian, nomor urut 1 diperoleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dwi Astutiningsih-Riza Yuda Prasetya (Asri).

Nomor urut 2 diraih pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Arief Rohman-Tri Yuli Setiyaningsih (Artys).

BACA JUGA : Blora Masuk Daerah Locus Stunting di Jateng

blank
Jalannya rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blora, dengan protokol kesehatan ketat. Foto: SB/Ist

Sedangkan untuk nomor urut 3, menajdi milik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (Amat).

”Pengundian nomor paslon sudah berjalan lancar, sesuai PKPU, dan protokol kesehatan,” terang Ketua KPU setempat, M Khamdun, usai pengundian nomor peserta.

Dalam tahap pengundian ini, KPU sudah melakukannya dengan sangat terbuka, runtut, dan berimbang. Pengundian dilakukan dihadapan paslon, juru kampanye, pejabat terkait, media dan beberapa tamu undangan.

Prosedurnya berdasar Peraturan Komisi Pemiliham Umum (PKPU), dan dilakukan dengan dua tahap pengambilan nomor undian, yakni urutan serta nomor urut paslon.

Untuk urutannya berdasar paslon datang mendaftar ke KPU untuk nomor undian, dan setelah itu dilakukan pengambilan nomor urut paslon, jelas Khamdun lagi.

Prosesi pengambilan nomor urut paslon yang digelar di Gedung PKPRI Kota Blora itu, mendapat pengamanan ketat dari petugas gabungan Polri, TNI, Kodim, Satuan Polisi Pamong Praja dan jajaran Perhubungan Dirumkimhub.

blank
Pengamanan ketat dan pagar betis oleh petugas gabungan di pintu masuk Gedung PKPRI Kota Blora. Foto: SB/Ist

Tutup Jalan

Petugas keamanan yang dipimpin langsung Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan didampingi Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi ini, menerapkan pengamanan maksimal. Dimana selain di sekitar gedung, di dalam Gedung PKPRI petugas gabungan juga melakukan pengawalan terhadap ketiga pasangan calon.

Pasangan pertama yang datang ke Gedung PKPRI adalah paslon Arief Rohman dan Tri Yuli Setiyaningsih. Disusul pasangan Umi Kulsum dan Agus Sugiyanto serta pasangan Dwi Astutiningsih dan Riza Yuda Prasetya.

Dalam rapat pleno terbuka itu, betul-betul diterapkan protokol kesehatan, hanya tiga pasangan calon saja yang diperkenankan masuk ke ruang rapat di gedung PKPRI.

Alhamdulillah, pengundian nomor urut berjalan aman dan lancar, dan sesuai prosedur protokol kesehatan,” ucap Kapolres Blora.

Polisi sebelumnya telah menutup jalan masuk ke Gedung PKPRI, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan berbagai jenis kendaraan roda dua dan empat, juga semua berhenti di pembatas jalan masuk ke Gedung PKPRI.

Wahono-Riyan