blank
Proses pemakaman almarhum di desa kelahiranya di Desa Sumberejo, Mranggen, Demak, dengan menggunakan prosedur protocol covid-19, pada Selasa (15/9/2020) dini hari WIB. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Almarhum Mayor Caj Afifudin SAg (47), Kabintal Denma Paspampres, akhirnya dimakamkan di TPU Suko, Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen, Selasa (15/9/2020) dini hari WIB.

Pemakaman yang dilakukan tim Paskuman Dinas Kesehatan Kabupaten Demak ini, dengan menggunakan prosedur pemakaman jenazah Covid-19. Hal ini disebabkan, almarhum Mayor Caj Afifudin meninggal dengan status Probable Covid-19.

Munif, adik kandung almarhum menyampaikan, sebelumnya almarhum mempunyai riwayat penyakit DM (diabetes militus dan batu ginjal). Pada 26 Agustus lalu, almarhum pulang dari Jakarta ke rumahnya di Magelang.

BACA JUGA : Berkat Razia Masker, Kudus Berhasil Masuk Zona Orange

Saat akan berangkat kembali ke Jakarta, pada 1 September, almarhum merasa kurang enak badan, dan berobat di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit TK II dr Soedjono, Magelang. Selanjutnya almarhum melaksanakan berobat jalan.

Pada 5 September, sekitar pukul 08.00 WIB, almarhum berobat kembali ke RS TK II dr Soedjono, dan ditangani dr Dwi Hertanto SPP dan dr Dwi Budi SPpd.

”Atas petunjuk dari dokter, kakak saya langsung dirawat di ruang isolasi Seruni. Setelah beberapa hari dirawat, pada Senin (14/9/2020) sore kemarin, pukul 16.20 WIB, kakak saya dinyatakan meninggal dunia,” jelasnya.

Danramil Kapten Arm Sukartiyo, saat dimintai keterangan di lokasi mengatakan, pihak keluarga dari almarhum sepakat untuk melakukan pemakaman di tanah kelahirannya, di Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen.

Aman dan Lancar
Sekitar pukul 21.33 WIB, almarhum diberangkatkan dari RS TK II dr Soedjono Magelang, menggunakan mobil jenazah, dan tiba di TPU Suko pukul 23.35 WIB.

”Setibanya di lokasi, langsung diterima tim Dinkes Demak, dan selanjutnya dilakukan pemakaman dengan prosedur pemakaman jenazah covid-19,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan prosesi pemakaman jenazah almarhum, Danramil mengaku mengerahkan seluruh anggota Koramil bersama-sama dengan anggota Polsek, untuk melaksanakan pengamanan di sekitar area TPU Suko. Dengan tujuan, pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Hadir dalam pemakaman itu, Kapolsek Mranggen Iptu Sigit Hadi, petugas Puskesmas Mranggen I, Eka Nining dan Supriyanto, Kades Sumberejo Supriyanto, Bidan desa Diana, personel Koramil dan Polsek Mranggen, tokoh agama dan keluarga almarhum.

Rudy-Riyan