blank
Petugas PMI Kebumen menyemprotkan disinfektan di sebuah tempat ibadah di Kecamatan Buluspesantren, belum lama ini.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Selama dua hari Jumat-Sabtu (11-12/9) ini di Kebumen terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif signifikan. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 19 orang, sedangkan yang dinyatakan sembuh dari corona sebanyak 12 orang.

Menurut data di Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen sampaiĀ  Sabtu (12/9) Pukul 19.00, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen sebanyak 286 orang, sembuh 195 orang, meninggal 9 orang, dan 82 orang masih dirawat atau isolasi.

Sementara itu Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokroaminoto dalam rilisnya mengungkapkan, dari delapan belas kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (11/9) lalu, hampir keseluruhannya merupakan kerabat dan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif terdahulu.

Hal itu dimungkinkan karena faktor kepatuhan menjalankan isolasi mandiri dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Berbeda dengan kasus YW, memiliki riwayat perjalanan dari Makassar.

Sementara itu, kasus ROH, memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Mengurus dan mendampingi anaknya yang akan kuliah di Belgia. Di Jakarta berganti hotel dan pergi ke beberapa mall untuk memenuhi kebutuhan dan ke kantor Kementerian Luar Negeri.

Cokroaminoto menjelaskan pula, pada Sabtu (12/9) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 1 orang, atas nama RIY (53) perempuan. Kasus RIY memiliki riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif terdahulu.

Memperhatikan perkembangan kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data. Dari hasil kajian tersebutĀ  menunjukkan bahwa kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen masih berpotensi naik.

Namun di sisi lain kehidupan beragama, pendidikan, sosial- ekonomi harus berjalan sehingga diperlukan upaya memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan dicirikan penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara ketat.

Komper Wardopo