blank
Sugayo Jawama menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua Panitia Konferprov PWI Jateng Ade Oesman. Foto: Surya

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wartawan senior Sugayo Jawama turut meramaikan bursa pencalonan Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah. Itu dibuktikan dengan kedatangannya Sabtu siang (12/9) ke Gedung Pers Jalan Trilomba Juang Semarang, untuk mendaftarkan diri.

blank
Sugayo Jawama, calon Ketua PWI Jateng. Foto: Wied

Gayo, panggilan akrab mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Bina ini datang sendiri ke Gedung Pers untuk mendaftarkan diri. Dia mengenakan pakaian adat Jawa, surjan lurik dan blangkon.

Gayo mengatakan, keinginannya untuk mendaftar sebagai calon Ketua PWI adalah, untuk memperjuangkan agar media yang saat ini dalam kondisi berat, bisa tetap hidup.

“Pemerintah harus turun tangan untuk turut serta menyelamatkan bisnis media yang sekarang ini makin berat,” katanya.

Dia juga ingin memperjuangkan kesejahteraan wartawan, yang memang diakui kondisinya banyak yang tidak menggembirakan.

Gayo yang kini aktif di media Info Jati sudah menjadi pengurus PWI Jateng sejak tahun 1988. “Waktu itu saya sebagai Ketua Seksi Wartawan Pariwisata bersama Darno dari RRI Semarang. Kemudian saya menjabat sebagai wakil bendahara dalam periode selanjutnya,” ujar lulusan FISIP Undip ini.

Saat mendaftar memang ada persyaratan yang belum terpenuhi, yaitu fotokopit kartu kompetensi (UKW) strata utama. “Maaf, kartu itu ketinggalan di rumah. Apakah perlu saya ambil dulu,” tanyanya kepada Ade Oesman, ketua panitia konferprov yang menjadi petugas pendaftaran calon.

“Tidak perlu pulang. Kami tahu Pak Gayo sudah pernah ikut UKW strata utama dan dinyatakan kompeten. Jadi foto kartu bisa dikirim melalui WA kepada panitia,” kata Ade Oesman.

Dengan masuknya Gayo dalam bursa calon ketua PWI Jateng, maka kini tercatat ada tiga calon yaitu Gunawan Permadi yang mendaftar hari Kamis (10/9) kemudian Amir Machmud dan Sugayo JAwama yang mendaftar pada hari terakhir, sabtu (12/9).

Widiyartono R