Danramil Puhpelem Kapten (Inf) Tono dan Kapolsek Iptu Budiyono (kesatu dan kedua dari kiri), menyaksikan penandatanganan berita acara DPHP saat rapat pleno PPK.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk menjaga kondusivitas wilayah menjeleng pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wonogiri 2020, masyarakat diseru tidak mudah terpancing oleh hoax dan isu-isu yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

Demikian ditegaskan Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono, dalam rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri Tahun 2020.

Situasi yang kondusif, penting untuk diciptakan demi mendukung sukses pelaksanaan Pilkada. Terkait dengan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, kepada masyarakat juga penting untuk diberika edukasi langkah pencegahan sebagai upaya memutus mata ranti penularan.

Ketua Parpol
Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Puhpelem, Jaiman, Kapolsek Iptu Budiyono, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Puhpelem, Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari masing-masing desa dan kelurahan se Kecamatan Puhpelem, dan para Ketua Partai Politik (Parpol).

Rapat pleno terbuka digelar oleh PPK Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, untuk pengesahan DPHP Pilkada Tahun 2020. Acara ini dihadiri Camat beserta jajaran Forkompincam.

Rapat DPHP ini, diawali dengan laporan Ketua Penyelenggara, Sakat, terkait dengan kegiatan yang dilakukan, termasuk tugas penyelesaian rekapitulasi jumlah pemilih di Kecamatan Puhpelem beserta data pemutakhirannya. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan DPHP kepada Panwascam dan pimpinan Parpol.

Sementara itu, Danramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri yang diwakili Pelda Agus Setyawan, menghadiri Rapat Pleno Terbuka penetapan DPHP dan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020.

Sikap Netral
Rapat pleno terbuka ini, dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Jatisrono, dihadiri oleh Camat Jatisrono, Suradi, Kapolsek AKP Kasimin, bersama PPK, Panwas, PPS dan utusan Parpol. Camat Jatisrono, Suradi, mengimbau kepada penyelenggara dan kepanitiaan Pilkada, agar bersikap netral supaya demokrasi pemilihan Bupati-Wakil Bupati berjalan aman lancar dan tertib.

Menandai selesainya rapat pleno terbuka, Ketua PPK menyerahkan salinan berita acara DPHP kepada pimpinan Parpol dan juga kepada Forkompincam.

Rapat pleno terbuka juga dilaksanakan di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogirei. Danramil-23 Karangtengah yang diwakili Serda Sutrisno dan Serda Eko Agus, ikut hadir bersama Camat Karangtengah, Tri Wiyatmoko, Kapolsek Iptu Sentot Gardjito.

Hadir pula Ketua PPK Karangtengah, Habib Erdi Efendi bersama Anggota, Panwascam Karangtengah, Agus Susanto, para PPS Desa se-Kecamatan Karangtengah dan pimpinan Parpol.

Dalam kesempatan itu disampaikan rekapitulasi pemilih sebanyak 19.827 orang yang terinci dari masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di semua desa/kelurahan di Kecamatan Karangtengah. Dilaporkan pula pemutakhiran data, terkait ada 284 pemilih baru dan pencoretan pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 747 orang, serta pemilih yang melakukan perubahan data sebanyak 237 orang.

Bambang Pur