blank
Semangat bersama melawan corona, mewarnai aksi massal kreatif graffiti Bulan Merdeka (Agustus) 2020 di Perum Solo Elok, Mojosongo, Surakarta.

SOLO (SUARABARU.ID) – Semangat bersama melawan corona, mewarnai aksi massal kreatif Bulan Merdeka (Agustus) 2020, yang digelar oleh Komunikotavisual pimpinan Basnendar H. Berbagai karya kreatif graffiti (menggambar atau melukis), tercipta dalam event unik Agustusan tersebut.

Basnendar, Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, menyatakan, aksi kreatif massal Agustusan itu digelar Jumat (21/8), di Perumahan Solo Elok, Mojosongo, Jebres, Solo. ”Diikuti oleh 20 anak,” jelas Basnendar, peraih rekor dunia melalui karya cipta poster corona di Muri ini.

Masing-masing peserta diberikan kesempatan menggambar di media kardus bekas (70 x 170 CM) yang dipancang pada tiang bambu, dengan tema ”Sambut tatanan baru (new normal).” Event ini, menjadi bentuk perayaan unik Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke 75. Aksi yang digagas oleh Komunikotavisual ini, memiliki tujuan untuk mengajak anak-anak merayakan Agustusan dengan cara yang berbeda.

blank
Dalam aksi kreatif unik graffiti ini, tercipta sebanyak 20 poster karya anak dengan tema kampanye melawan corona menyambut tatanan baru.

Protokol Kesehatan
Kata Basnendar, event kreatif ini bertujuan untuk merangsang kreativitas anak-anak. Yang teknis pelaksanaannya, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Yakni dengan membatasi jumlah peserta hanya 20 anak, jaga jarak dan wajib memakai masker, serta menghindari kerumunan.

blank
Aksi kreatif unik cipta graffiti massal yang dilakukan oleh anak-anak ini, menjadi warna beda penyambutan Bulan Merdeka Tahun 2020 di Solo.

Salah satu peserta, Deswita Alma Raisa, menyatakan senang mengikuti aksi unik ini. Di media kardus bekas format vertikal berukuran luas 11.900 CM persegi, Deswita, menorehkan warna-warna cerah gambar poster bertema kampanye melawan corona.

Basnendar, menyatakan, melalui projects ke 31 ini, Komunikotavisual mengajak warga untuk selalu menyikapi kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, dengan tetap semangat dan memandang positif, serta mematuhi protokol kesehatan.

Bambang Pur