Ilustrasi, pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali Kota Semarang Yoyok Sukawi dan Ady Setiawan. Foto: istimewa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ady Setiawan, bakal calon wakil wali Kota Semarang yang mendaftar melalui penjaringan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), berpeluang mendampingi Yoyok Sukawi dalam Pilwakot Semarang 2024.

Berdasarkan hasil survei dari lembaga survei independen Indo Barometer, tokoh yang biasa disapa Mas Wawan ini jika berpasangan dengan Yoyok Sukawi di Pilwakot Semarang 2024 maka elektabilitasnya jadi lebih unggul jika dibandingkan kandidat lainnya.

“Lebih dari itu, PKB selaku partai pengusung juga menjadi salah satu partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Semarang Maju (KSM), koalisi pengusung Yoyok Sukawi,” kata peneliti Indo Barometer, M Qodari, dalam FGD ‘Membaca Peta Politik Jelang Pilwakot Semarang 2024’ yang digelar oleh Forum Media Online Kota Semarang (FOMOS) belum lama ini.

Dalam simulasi tertutup dua pasangan calon wali kota-wakil wali kota Semarang, tingkat keterpilihan Yoyok Sukawi-Ady Setiawan mencapai 60,5 persen dan tertinggi dari Yoyok Sukawi jika disandingkan dengan calon wakil wali kota lainnya.

Adapun dari tingkat pengenalan, Ady Setiawan juga dikenal sebanyak 8,3 persen responden.

Dengan ini, Wawan menjadi salah satu kandidat calon wakil wali kota Koalisi Semarang Maju yang berpeluang mendampingi Yoyok Sukawi.

Nama Wawan mulai familiar setelah balihonya terpasang di sepanjang jalan serta aktivitasnya di media sosial dan juga telah mulai memperkenalkan dirinya akan maju ke Pilwalkot Semarang terlebih dahulu.

Peneliti lembaga survei Indo Barometer, M Qodari mengatakan, survei ini dilaksanakan pada 18 hingga 23 Juli 2024 di 16 kecamatan di Kota Semarang. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

“Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 400 responden, dengan margin of error sebesar ±4.90% pada tingkat kepercayaan 95%. Teknik pengumpulan data wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner,” katanya.

Hery priyono