blank
Sofyanto saat melayani pasien |(Foto: Eko)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Sofyanto (40), laki-laki sederhana yang ramah dan humoris ini dikampungnya akrab  disapa dengan panggilan   Pak Yanto.  Ia tinggal di Dukuh Medono RT 04 / RW 04 Desa Damarwulan Keling,  Jepara. Disamping menjadi guru ngaji di mushala Darul Istiqomah di wilayah tempat ia  tinggal,  ia juga dikenal sebagai tukang pijat syaraf.

Salah satu spesialisnya adalah  pijat syarat untuk membantu pria semakin perkasa. Disamping pijat, untuk pasien-pasien khusus yang memerlukan,   ia juga menggunakan terapi Suwuk Nurul Qolbi  berupa wirid. Disamping itu  pasien  juga disarankan untuk meminum air  kelapa hijau yang dibakar untguk menetralkan tubuh dari racun. Juga  mengkonsumsi sayuran umbut  yang ada di kawasan pegunungan. Umbut khasiatnya untuk penambah kekuatan pria dan bisa mengatasi pegel linu. Banyak “bapak-bapak” dari Jepara yang memesan sayuran ini.

blank
Sofyanto, relawan penanggulangan bencana yang juga menjadi tukang pijat syarat ( Foto: Eko|)

“Berbagai penyakit  insyaallah  bisa disembuhkan berkat sentuhan tangan dari Pak  Yanto atas ridho dari Tuhan yang Maha Esa. Diantaranya stroke, hernia, katarak, dan lain-lain. Juga pijat syaraf  agar pria semakin perkasa. Ini spesialis Pak Yanto ” ujar Eko Santoso, Ketua Destana Damarwulan tempat dimana Sofyanto mendedikasikan dirinya untuk tugas-tugas kemanusiaan dalam rangka penanggulangan bencana.

Sofyanto, ayah satu anak ini pernah belajar di MA Darul Falah Sirahan,  Cluwak, Pati. Ia mengaku  belajar pijat syaraf dari Lampung Barat saat ia bekerja di perkebunan kopi tahun hingga tahun 2010. “Namun saya menganggap kemampuan yang saya miliki adalah anugerah dari Allah. Saya hanya sekedar melakukan  tetulung dumateng sesami kanti ikhlas,” ujarnya kepada SUARABARU.ID.

Karena itu ia tidak pernah mematok tarif khusus untuk orang yang datang meminta pertolongan. “Tergantung pada keiklasan  pasien,” ujar Suyanto yang biasanya mulai melayani pasien pukul  07.00 WIB.  Ia menganggap yang dilakukan adalah dharma bakti bagi umat.

Pasien  yang datang menurut dia bukan saja dari desa  Damarwulan dan sekitarnya, tetapi juga berasal  dari berbagai kota. Bagi yang ingin konsultasi atau menghubungi Suyanto bisa menggunakan no  WA 082.314.408.779

Hadepe – Eko S