Kepala DP3AP2KB Kabupaten Jepara, Muh Ali, dan Sekretaris Dinas Hadi Sarwoko bersama para juara Duta Genre 2024, 20 Juli 2024. Foto: Hadepe

JEPARA (SUARABARU.ID) -Grand Final Duta Genre, Apresiasi Duta Genre  Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2024 yang berlangsung   di Hotel Joglo   Ono Pantai Bandengan Jepara  Sabtu 20 Juli 2024 berlangsung meriah. Sebanyak 15  finalis putra dan 15 finalis putri tampil menunjukkan kemampuannya.

Acara dengan tema Selaras Menginspirasi  Sejuta Makna (Semesta) yang diselenggarakan oleh DP3AP2KB Kabupaten Jekara ini  di hadiri oleh Pj Bupati Jepara, Forkopimda, Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jateng, Eka Sulistya  serta undangan dan orang tua peserta.

Acara dibuka oleh Pj Bupati Jepara yang diwakili oleh Kepala DP3AP2KB Kabupaten Jepara, Muh Ali, SKM, M.M.Kes dengan ditandai dengan pemukulan gong.

Kepala Perwakilan BKKBN Jateng Eka Sulistya dalam sambutannya  memberikan apresiasi  terhadap Jepara yang memberikan perhatian  terhadap program Keluarga Berencana, diantaranya dengan melakukan pemilihan Duta Genre 2024. “Harapannya Duta Genre ini bisa melakukan sosialisasi dan edukasi di dalam lingkungan keluarga, teman dan lingkungannya,” ujarnya

Ia mengingatkan kepada Duta Genre dua  amanat penting dalam kependukan. “Jaga pertumbuhan penduduk yang seimbang  dan jaga kehamilan dan  kelahiran yang diinginkan,” ujar Eka. Menurut Eka ini sangat penting bagi Jepara. Sebab berdasarkan data yang ada,  angka kelahiran Jepara masih 2,03 dari target 2.

Sementara pada program kehamilan dan kelahiran yang diinginkan, masih ada 16 persen perkawian dengan usia di bawah 19 tahun. “Ini menjadi salah satu tugas Duta Genre untuk melalukan motivasi dan edukasi pada kalangan remaja,” pintanya. Tugas ini sangat berat, karena nya harus ada pemberdayaan yang sungguh-sungguh teerhadap Duta Genre, tambah Eka

Amanah berikutnya menurut Eka adalah  mewujudkan keluarga berkualitas  yang diharapkan  akan menjadi memeunculkan penduduk berkualitas. “Sebanyak 50 persen penduduk Jepara menikah di usia 19,2 tahun. Padahal idealnya pernikahan dilakukan pada  usia 21 tahun untuk perempuan,” terang Eka.

Sementara Sekretaris DP3AP2KB Hadi Sarwoko selaku panitia lomba menjelaskan, walaupun kriteria dan tahapan  penyaringan semakin ketat, namun tak  mengurangi animo putra-putri Jepara untuk megikuti  Pemilihan Duta Genre 2024.  Bahkan semakin meningkat dengan jumlah peserta  93 orang yang mengikuti seleksi, terdiri 32 laki-laki dan 61 peserta perempuan.

Dalam grand final ini terpilih 10 finalis putra dan 10 finalis putri yaitu: Raka Ramdan Kuswara,  Keisyara,  Rifka Arya Saputra , Hilda Balqista Amelia Iswa, Bayu Lesmana Putra, Inez Kalyana Azmi, Rizky Maulana, Dhea Dwi Trianti,Muhammad Failul Aziz Satrio, Fadhilatul Hidayah Rofiq, Sandy Irham Ramadani, Awaliya Putri, M. Zico Aliski, Cipta Aurelia Zulfa Muhammad Miftah Farid,Salsabila Khoirinnisa,Syafaatul Rizki Maulana  Nafa Ilya Khotijah Renanda Kharisma Aditya Wardhana dan  Novi Nayla Syafira.

Setelah itu dipilih masing – masing ketegori 5 peserta yaitu Putri: Fadhilatul Hidayah Rofiq, Novy Naila, Ines Kalya, Cinta Aurellia Untuk Putra: Bayu Lesmana,Iqbal Farel, M. Bayu A.D,Irham R dan Rizky Maulana

Setelah itu mereka tampil kembali  dalam spech final ntuk pemilihan 3 besar. Dewan Juri akhirnya menentukan juara 1- 3 untuk putri adalah:

Setelah itu mereka tampil kembali dalam spech final,  dewan juri akhirnya menentukan juara: Juara 1 Putra oleh  Iqbal Farel A.S, Juara 1 Putri, Cinta Aurelia, Juara 2 Putra, Rizky Maulana, Juara 2 Putri, Novy Naila

JUARA 3 Putra, M. Bayu Adi,Juara 3 Putri, Inez Kalyana, Juara Harapan 1 Putri, Awaliya Putri, Juara Harapan 1 Putra, Bayu Lesmana, Juara Harapan 2 Putra, Sandy Irham,Juara Harapan 2 Putri, Fadhilatul Hidayah Rofiq.

Disamping itu juga dipilih Duta Genre Berbakat Putra, M. Fito A, Duta Genre Berbakat Putri Dhea Dwi Triyanti, Duta Genre Favorit Putra, M. Bahrul Salam,Duta Genre Favorit Putri, Salsabila Khairunnisa, Duta Genre Influencer Putra, Raka Hamdhah,Duta Genre Favorit Putra M. Bahrus Salam.

Penyerahan hadiah dilakikan oleh Kepala DP3AP2KB Muh Ali, Ketua Panitia Hadi Sarwoko dan sejumlah pejabat lainnya.

Hadepe – Amalia