blank
Kontingen SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo berfoto bersama menjelang keberangkatan mengikuti Olimpiade Ahmad Dahlan (Olympicad) 7 tingkat nasional di Bandung, (6/3/2024). Foto: SMPMPKSolo

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengirimkan siswa-siswinya mengikuti ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (Olympicad) 7 tingkat nasional di Bandung.

Pengiriman kontingen terdiri 26 siswa dan siswi bertujuan mengikuti perlombaan pada 19 cabang lomba yang bakal digelar di Universitas Muhammadiyah Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat pada 6-8 Maret 2024.

“Dengan Olympicad ini kami mengharapkan kontingen SMP Muh PK bisa meraih hasil maksimal dan terbaik disetiap cabang lombanya. Yang terpenting bagaimana anak-anak berusaha maksimal, fokus, dan penuh antusias dalam mengikuti lomba,”ungkap Kepala SMP Muhammadiyah PK Kotta Barat , Muhdiyatmoko, M.Pd., Rabu (6/3/2024).

Muhdiyatmoko, M.Pd. lebih lanjut menjelaskan, peserta kontingan akan berlana dalam 19 mata lomba baik perlombaan individu maupun beregu. “Untuk itu mohon doa dan dukungan, agar kontingen asal Solo bisa memberikan yang terbaik dalam lomba Olympicad 7 Bandung,” mohonnya.

Dari Humas diperoleh keterangan, Olympicad 7 Bandung diselenggarakan Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Olympicad menjadi ajang pengembangan prestasi dan potensi siswa dan guru Muhammadiyah seluruh Indonesia. Hal itu selaras dengan tema Olympicad 7 yaitu membangun kreativitas, menumbuhkan prestasi, dan mewujudkan pendidikan berkemajuan.

Terdapat 25 mata lomba untuk empat level satuan pendidikan, SD, SMP, SMA, dan SMK. Kegiatan diikuti sekolah dalam naungan seluruh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.

Sementara itu, koordinator lapangan kontingen SMP Muhammadiyah PK Fadhila Arsyad, S.Pd., menjelaskan, 19 mata lomba Olympicad 7 Bandung yang diikuti para siswa dan guru meliputi, perlombaan Matematika 5 siswa, IPA 3 siswa, News reading in English 1 siswa, Ismu in Arabic 1 siswa.

Lomba yang lain Film Indie 1 siswa, Majalah sekolah 1 siswa, Musabaqoh Tilawatil Quran 1 siswa, Musabaqoh Fahmil Quran 1 siswa, Hifdzil Quran 1 siswa, Kaligrafi 1 siswa, Story Telling 1 siswa, Musikalisasi Puisi 1 siswa, dan Inovasi Pembelajaran Guru 1 guru.

“Alhamdulillah untuk persiapan para siswa secara materi dan mental sudah siap. Sebelumnya secara intensif dan ajeg, kami beserta tim lomba sudah memberikan pendampingan belajar kepada para siswa,”bebernya.

Bagus Adji