Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kedua dari kiri) berbincang-bincang dengan Camat Girimarto, Sunardi, di rumah Almarhum Sugiyarto, Dusun Geneng, Desa Tambak Merang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Wonogiri yang meninggal, jumlahnya bertambah menjadi dua orang. Yakni Herwansah (41) di Kecamatan Baturetno dan Sugiyarto (41) di Kecamatan Girimarto.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Rabu (28/2), memimpin takziah ke rumah Sugiyarto di Dusun Geneng, Desa Tambak Merang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Kedatangan Kapolres disambut Camat Girimarto, Sunardi, bersama jajaran Forkompimcam setempat.

Saat berlangsung pencoblosan Pemilu 2024 lalu, Sugiyarto, bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS)-12 Desa Tambak Merang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, semalam, menyatakan, takziah Kapolres dilakukan bersama Ketua dan Pengurus Bhayangkari dan Pejabat Utama (PJU) Polres serta dari Polsek.

Sugiyarto meninggal dunia di rumah sakit, Sabtu (24/2), setelah sebelumnya mengeluh lemas dan menderita demam tinggi. Derita sakitnya tersebut, muncul setelah Almarhum usai menjalankan tugas pelayanan pencoblosan Pemilu 2024 Tanggal 14 Februari 2024 lalu.

Kedatangan Kapolres bersama rombongan, diterima oleh istri Almarhum, yakni Dian Pratiwi bersama sejumlah kerabatnya. Atas nama pribadi dan keluarga besar Polres Wonogiri, Kapolres, menyampaikan duka cita dan ikut bela sungkawa atas meninggalnya Almarhum.

Duka Cita

Kapolres bersama rombongan berdoa, agar Almarhum diampuni semua dosa dan kesalahannya, dan diterima Allah SWT. Kepada keluarga yang ditinggalkan, diberi kekuatan dan ketabahan.

Menurut Kapolres, Almarhum meninggal dalam kondisi baik. Yakni berkait dengan tugas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. ”Insha Allah, Almarhum husnul khotimah,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres memberikan tali asih dan bantuan kepada Ny Dini Pratiwi. ”Apa yang kami berikan adalah bentuk duka cita dan penghargaan atas jasa Almarhum yang gugur dalam tugas. Semoga bermanfaat untuk keluarga yang ditinggalkan,” ujar Kapolres.

Dian Pratiwi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres dan rombongan, yang telah meluangkan waktu untuk bertakziah ke rumahnya. ”Manakala suami saya selaku Anggota KPPS memiliki kesalahan, mohon dimaafkan,” kata Dian Pratiwi.

Kematian Sugiyarto ini, menjadi yang kedua untuk Anggota KPPS di Kabupaten Wonogiri, yang meninggal dunia usai menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Seperti diberitakan, Kapolres sebelumnya melakukan takziyah ke rumah Almarhum Herwansah (41). Anggota KPPS di TPS-1 Desa Kedungombo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri ini, meninggal saat menjalani pengobatan di Klinik Baturetno, setelah sakit pasca-pencoblosan.
Bambang Pur