blank
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana cek kesiapan pemilu oleh KPU di Pekalongan dan Batang. (Foto: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana secara intens mengecek persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di wilayahnya. Untuk diketahui pemilu semakin dekatn, di mana pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024.

Setelah beberapa hari lalu mengecek kesiapan KPU Sukoharjo, Surakarta, dan  Brebes, Nana Sudjana juga mengecek kesiapan di Kabupaten Pekalongan dan Batang, Selasa 30 Januari 2024.

Berdasarkan hasil pantauannya, KPU Kabupaten Pekalongan dan KPU Batang dipastikan sudah siap menyelenggarakan gelaran elektoral lima tahunan tersebut.

Di Kabupaten Pekalongan, hingga pekan kedua Januari 2024, cakupan perekaman data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sudah mencapai 99,19%. Sementara di Kabupaten Batang, prosentasenya di angka 97,04%.

Untuk kebutuhan logistik, baik di Kabupaten Pekalongan maupun Batang, sudah menerima dari KPU RI. KPPS maupun Linmas di kedua kabupaten tersebut sudah terpenuhi.

“Saya sudah berkeliling di beberapa kabupaten, Saya datangi KPU Kabupaten/kota untuk menanyakan kesiapan pelaksanaan pemilu. Sampai saat ini, kesiapan dari KPU di kabupaten-kabupaten yang kami kunjungi sudah siap,” kata Nana Sudjana.

Di sejumlah daerah memang masih ditemukan sejumlah logistic surat suara yang rusak, namun jumlahnya sedikit. “Dalam waktu dekat akan segera diganti oleh yang baru,” tutur Nana Sudjana.

Sesuai jadwal, logistik akan diserahkan ke PPK pada 5 Februari 2024. Setelah diterima PPK akan didistribusikan ke masing-masing kelurahan. Selanjutnya diserahkan ke masing-masing TPS.

Nana menambahkan, pihaknya saat ini terus menggencarkan sosialisasi pemilu damai. Harapannya, masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap berbagai informasi yang diterima, terutama yang didapatkan lewat media sosial.

“Kami berharap masyarakat mendukung dan turut mensukseskan pelaksanaan pemilu. Supaya pemilu berjalan dengan tertib dan berjalan dengan sukses,” ucap Nana Sudjana.

Diaz Aza