Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina saat menyerahkan bantuan alat perikanan pada perwakilan Pokmaswas. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina meminta masyarakat untuk terus menjaga kelestarian alam, termasuk merawat sungai, telaga dan waduk agar tetap lestari.

“Sungai, telaga dan waduk merupakan tempat ekosistem ikan hidup dan berkembang. Jika sungai, telaga dan waduk bersih dan terjaga dengan baik, maka ekosistem ikan akan terus berkembang dengan baik pula,” tegasnya.

Dia menegaskan hal itu saat membuka acara “Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan SDKP melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat” yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Joglo Nawasena Kalierang Selomerto Wonosobo, Sabtu (18/11/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Suharta (Sekretaris Dirjen Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP RI), Erik Sostenes (Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Cilacap) dan Farida Hidayati Estiningtyas (Kabid Perikanan Dispaperkan Wonosobo).

Jaga Sungai

Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina saat hadir dalam kegiatan sosialisasi Pokmaswas. Foto : SB/Muharno Zarka

Dalam kegiatan yang diikuti Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) perikanan itu, Vita menambahkan kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kapasitas Pokmaswas perikanan, sebagai penjaga sungai, telaga dan waduk yang baik.

Sosialisasi diikuti 5 Pokmaswas, yakni Pokmaswas Sejahtera Mandiri Wadaslintang, Jogo Kali Kaliwiro, Tulis Watumalang, Serayu Wonosobo dan Pokmaswas Bogowonto Kepil. Tugas Pokmaswas perikanan, yakni mendengar, melihat dan melaporkan pelanggaran yang terjadi di lapangan.

“Selain menjaga eksosistem sungai, telaga dan waduk agar tetap lestari dan aman, Pokmaswas saya minta juga ikut menjaga kebersihan sungai, telaga dan waduk dari sampah plastik. Sampah plastik bisa mencemari kebersihan air yang ada,” ujarnya.

Wakil rakyat dari Dapil Jateng VI DPR RI (Wonosobo, Temanggung, Magelang, Purworejo) itu, di akhir acara sosialisasi juga membagikan bantuan alat penjaga dan pemantau sungai, telaga dan waduk untuk beberapa Pokmaswas di Wonosobo.

Muharno Zarka