blank
Ketua Umum GN 08, Agus S. Winarto. Foto: Dok/Tim Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kesamaan visi menjadi alasan utama relawan Garuda Nusantara 08 Indonesia Emas (GN 08) mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Ketua Umum GN 08, Agus S. Winarto, dukungannya ini bukan sekadar mendukung. Dalam Visi Indonesia Maju yang diusung Prabowo-Gibran termaktub komitmen mengatasi masalah sanitasi dasar.

Ia mengatakan, mengatasi sanitasi dasar berarti bisa mencegah kerugian negara pada layanan kesehatan, mencegah kematian bayi, dan menaikkan martabat Indonesia di mata Internasional.

“Kami tidak sekadar mendukung. Kami menemukan akar masalah di balik kematian bayi akibat penyakit seperti diare, stunting, produktivitas rendah. Namun itu karena akses sanitasi dasar belum terpenuhi. Kami perjuangkan ini dan sinkron dengan visi Prabowo-Gibran,” ungkap Agus di Posko GN 08 Jalan Branjangan Nomor 11, Kota Lama Semarang, Jumat (3/11/2023).

Agus yang sudah 15 tahun berkecimpung dalam layanan akses sanitasi dasar masyarakat menjelaskan data tentang buruknya sanitasi cukup mengerikan.

Menurut data Unicef, hampir 25 juta orang di Indonesia tidak menggunakan toilet. Mereka buang air besar di tempat terbuka seperti ladang, semak-semak, hutan, selokan, jalan, sungai, atau ruang terbuka lainnya.

Selain itu, organisasi kesehatan dunia atau WHO juga menyebut, akses sanitasi yang buruk menjadi penyebab utama terhadap sekitar 432 ribu kasus kematian. Diare menjadi penyebab utama tingginya angka kematian tersebut.

Padahal, sambung Agus, air yang lebih baik, sanitasi, dan kebersihan, dapat menekan angka kematian 297 ribu anak berusia di bawah 5 tahun setiap tahunnya.

Agus bersama relawan GN 08 optimistis, di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran, Indonesia bisa lepas dari persoalan sanitasi dasar yang menjadi akar berbagai masalah di negeri ini.

Ia bersama relawan GN 08 siap bergerak membantu realiasasi program Prabowo-Gibran. Apalagi Agus sudah mempunyai pengalaman terlibat dalam pengentasan masalah sanitasi dasar di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

“Program ini sinkron dengan 17 program utama Prabowo-Gibran. Secara khusus, kami GN 08 sudah berkomunikasi sampai Jakarta, agar ini menjadi perhatian,” ucap Agus.

Sebagai Ketua GN 08, Agus telah membentuk 27 DPC di Jawa Tengah. Ia juga sudah berkomunikasi dan melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Umum Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati untuk membahas tindak lanjut usulan program ini.

Ning S