blank
Rakor Kamtibmas jelang Pemilu 2024 yang digelar Polres Wonosobo di Kecamatan Sapuran. Foto : SB/dok Humas Polres

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Polres Wonosobo kembali menggelar silaturahmi dan tatap muka dengan Camat, Kepala desa dan kepala kelurahan di wilayah Kecamatan Sapuran. Acara serupa juga pernah digelar di Kecamatan Kepil.

Kegiatan yang digelar di balai Kecamatan Sapuran tersebut dihadiri oleh Camat Sapuran, Alfun Haka seluruh Kepala Desa dan Kepala Kelurahan, pejabat utama Polres Wonosobo serta sejumlah anggota Polsek Sapuran.

Camat Sapuran, Alfun Haka menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang diinisiasi Polres Wonosobo tersebut. Dia berharap sinergitas untuk menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) jelang Pemilu 2024 tetap terjalin.

Pihaknya menilai, melalui kegiatan ini sinergi Polri, jajaran pemerintah daerah dan masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024 akan semakin diperkuat. Sehingga situasi Kamtibmas senantiasa terjaga dengan baik.

“Melalui kegiatan yang positif ini, masyarakat dapat menyampaikan pendapat, sebaliknya dari Polri juga bisa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas maupun imbauan terkait menjaga situasi aman saat pemilu nanti,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi tujuan digelarnya silaturahmi dan tatap muka ini adalah untuk mempererat sinergi antara Polri dengan masyarakat utamanya menjelang Pemilu 2024.

Solusi Konkrit

blank
Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi. Foto : SB/dok Humas Polres

“Rakoor ini merupakan salah satu langkah strategis Polres Wonosobo dalam meningkatkan koordinasi antara kepolisian, pemerintah kecamatan, kelurahan, dan desa dalam upaya menjaga Kamtibmas di wilayah Kecamatan Sapuran,” tegasnya.

Dalam rapat ini, berbagai isu dan masalah terkait keamanan, ketertiban, serta pencegahan tindak kriminal juga dibahas secara mendalam. Hasil Rakor akan dijadikan sebagai dasar melakukan upaya antisipasi potensi gangguan Kamtibmas menjelang pemilu serentak di tahun 2024 nanti.

Kapolres juga berharap melalui Rakor tersebut dapat tercipta solusi konkret untuk meningkatkan situasi yang sejuk dan damai selama Pemilu 2024 mendatang. Pesta demokrasi harus berjalan lancar, aman, damai dan sukses tanpa ekses.

Selain itu, diharapkan juga dapat memperkuat hubungan antara Polres Wonosobo, pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat.

“Kami mengajak seluruh elemen mulai dari TNI, Polri, Bupati, Camat, Kades dan semuanya untuk bersama-sama nyawiji menjaga keamanan terutama pada Pemilu 2024 mendatang,” lanjut Kapolres.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres juga memberikan kesempatan kepada para Kades untuk menyampaikan saran, masukan dan keluh kesah dalam upaya menjaga kondusifitas wilayah Kecamatan Sapuran.

Muharno Zarka