Muhammad 'Izaamul Marotib Faizin saat menjadi Juara 1 Mapsi Kabupaten Jepara

JEPARA(SUARABARU.ID) – Siswa SDN 11 Jambu, Kecamatan Mlonggo, Muhammad ‘Izaamul Marotib Faizin, menjadi kebanggaan almamater dan orang tuanya., Pertama kali dipercaya maju ke lomba Lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi), dia langsung menjadi juara Kabupaten Jepara. Prestasi ini mengantarnya maju ke jenjang berikutnya, yakni tingkat provinsi. Lomba ini direncanakan berlangsung pada 28 dan 29 September 2023 di Magelang.
“Dia berlomba di cabang praktik wudu dan salat putra. Meski baru naik kelas 4, alhamdulillah, mampu langsung juara kabupaten,” kata Kepala SDN 11 Jambu, Bagong saat ditemui di sekolahnya pada Rabu (13/9/2023).
Izzam, demikian sapaan akrab Muhammad ‘Izaamul Marotib Faizin, bukan satu-satunya siswa SDN 11 Jambu yang tahun ini maju ke lomba Mapsi tingkat kabupaten. Sekolah ini juga mengirim Ika Nor Firliyani (kelas 6) pada cabang lomba seni kaligrafi putri.
“Tahun ini kami meraih lima piala pada lomba Mapsi tingkat Kecamatan Mlonggo. Jadi di luar Izzam dan Ika, ada tiga siswa lain yang juga ikut membanggakan sekolah” kata Bagong.

Muhammad ‘Izaamul Marotib Faizin bersama kepala sekolah dan guru SDN 11 Jambu

Mereka adalah Muhammad Andrian Pradipta (kelas 5, Juara 2 macapat islami putra), Muhammad Avi Yahya (kelas 6, juara 2 seni tilawatil Qur’an putra), dan Muhammad Ravi Ferdiansyah (kelas 5, seni khat putra).
Bahkan pada Mapsi tahun lalu, siswa SDN 11 Jambu meraih lima gelar Juara I di tingkat kecamatan, yakni tilawah putra, tilawah putri, kaligrafi putri, macapat putra, dan rebana. “Tapi saat itu belum ada yang berhasil maju ke provinsi,” tambah Bagong.
Seringnya SDN 11 Jambu mengukir prestasi lomba Mapsi, di antaranya terjadi karena faktor lingkungan yang agamis, serta pembinaan telaten oleh guru setempat. Izzam, yang kini tengah dipersiapkan ke Mapsi tingkat provinsi, ditangani oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fitri Roihani. Bagong mengapresiasi kerja keras para guru pembimbing di sekolahnya. Juga dukungan orang tua dan motivasi yang diberikan Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo Nuryadi, melalui lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) yang berhasil memacu sekolah berprestasi.
“Mudah-mudahan Izzam bisa mengukir nama baik Jepara di tingkat provinsi, lalu menginspirasi teman-temannya berprestasi maksimal baik di bidang akademik maupun nonakademik.” Tambah Bagong.
Muhammad ‘Izaamul Marotib Faizin adalah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Afif Nurul Faizin dan Nurfianti.

Hadepe – Aksal