Kontingen Jawa Tengah bersama Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

JEPARA ( SUARA BARU. ID) – Kegiatan Raimuna Nasional XII tahun 2023 usai digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta Timur.

Kontingen Jepara setelah dibina selama tiga bulan sejak tanggal 13 Mei s.d. 10 Agustus 2023 akhirnya dilepas oleh PJ. Bupati Jepara, Edy Supriyanta untuk mengikuti Raimuna Nasional XII bergabung dengan Kontingen lain se-Indonesia.

Bahkan beberapa negara mancanegara turut hadir seperti kontingen Malaysia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Jepang, India, dan lain-lain.

Shouma Nur Rohim siswa kelas XI IPA 1 MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan, putra pasangan Abdul Hadi dan Maskanah dan sahabatnya, Diana Fitrianingrum siswa kelas XII IPS 2, putri pasangan Martono dan Umaroh turut tergabung dalam Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Jepara.

Mereka terpilih menjadi bagian dari delegasi penegak dan pandega Kontingen Kabupaten Jepara setelah mengikuti seleksi yang ketat untuk dapat menjadi Kontingen Kabupaten Jepara dalam arena Raimuna Nasional 2023.

Menurut Shouma, panggilan akrabnya kegiatan Raimuna Nasional XII adalah ajang pertemuan Pramuka penegak dan Pramuka pandega se-Indonesia.

Kegiatan yang dikembangkan dalam Raimuna Nasional dititikberatkan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.

Melalui kegiatan kegiatan Raimuna Nasional, juga terpancar rasa persaudaraan, kebersamaan dan saling menghormati, serta medan kompetisi dari berbagai lomba, mengajarkan sifat jiwa satria dan sportif, yang semuanya akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga untuk mengarungi masa depan yang gemilang.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta mengikuti total 122 kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan, yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.

“Kami mendapat ilmu yang luar biasa dari kegiatan Raimuna Nasional XII ini, mengenal kepemimpinan, keragaman budaya Indonesia, etnis, bahasa, agama, dan lebih menghayati pertingnya persatuan dan kesatuan, nasionalisme, persahabatan, perdamaian, dan berbagai hal yang membuat saya lebih mencintai Indonesia.” Tutur Shouma.

Hal yang sama disampaikan Diana, sahabatnya satu almamater MA NU Nahdlatul Fata. ” Pramuka telah mengajarkan saya kemandirian, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, menjadi generasi yang siap menyambut masa depan dan siap menjaga NKRI, cinta perdamaian.

Apalagi setelah bertemu dengan teman-teman dari mancanegara yang turut bergabung dalam event Raimuna Nasional XII saya semakin bangga menjadi bangsa Indonesia. Tegas Diana.

Rangkaian Raimuna Nasional XII tahun 2023 telah mereka ikuti dan berjalan dengan lancar. Dari pengalaman dan ilmu yang mereka peroleh diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda khususnya bagi masa depan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global.

“Jadikan pengalaman sebagai motivasi untuk menjadi pelajar yang cakap serta mempunyai jiwa yang tangguh serta solidaritas terhadap sesama, peka terhadap lingkungan, menebar kemanfaatan yang baik.” Tutur Shouma mengakhiri perbincangan.

Hadepe – Sub/AA