blank
PIK Remaja MTs Ma'arif Muntilan berfoto bersama juri dan pihak sekolah, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja Kansa MTs Ma’arif 2 Muntilan, terpilih menjadi salah satu nominasi lomba apresiasi dan pemberian penghargaan kepada kelompok PIK Remaja tingkat Jawa Tengah 2023, beberapa hari lalu. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN ) Jawa Tengah mulai Juni – Juli.

Dari 35 kabupten/kota terpilih PIK Remaja Kansa MTs Ma’arif 2 Muntilan dari segmentasi usia 10-14 tahun. PIK Remaja Gemilang dari Banjarnegara, PIK Remaja Cakra Wijaya Tegal, PIK Remaja Smanda Kabupaten Batang, PIK Remaja Avara Asa Kabupaten Kendal dari segmentasi usia 15-19 tahun. Sedangkan untuk segmentasi usia 20-24 tahun yaitu PIK Remaja Nitimanta Kusuma Kota Semarang, PIK Remaja Patriot Kota Pekalongan, PIK Remaja Ford Kabupaten Magelang dan PIK Remaja Candra Kusuma Kota Surakarta.

Kabid Kependudukan Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Nanik Susilowati, hari ini mengatakan, lomba pik remaja itu sebagai ajang meningkatkan pemahaman dan akses pemberian informasi dan pendidikan, serta konseling remaja tentang kesehatan reproduksi remaja, seksual, dan gizi yang ada di lingkungan Jawa Tengah pada umumnya dan khususnya di kabupaten magelang. “Saya sangat mengapresiasi kepada pengurus PIK Remaja Kansa MTs Ma’arif 2 Muntilan sebagai PIK Remaja terbaik di segmentasi usia 10-14 tahun tingkat Jawa Tengah yang sudah bagus dan kreatif dalam mengembangkan ide untuk kegiatan positif,” katanya, hari ini.

Harapannya, semoga prestasi itu bisa ditingkatkan dan menularkan ke kelompok pik remaja lainnya.

Kepala MTs Ma’arif 2 Muntilan, Nur Subkhan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Muntilan dan Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang atas bimbingan dan dukungannya dalam mengelola dan menjalankan pik remaja di madrasah yang dia pimpin.
Semoga Pik Remaja Kansa bisa melaju ke tingkat selanjutnya yaitu di tingkat nasional imbuhnya.

Kepala sekolah juga menginformasikan, Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Sri Winarti, sebagai dewan juri sangat mengapresiasi dan bangga kepada pengurus Pik Remaja Kansa MTs Ma’arif 2 Muntilan yang penuh semangat dalam menjadi pengurus pik remaja. Hal itu sebagai modal untuk memajukan kelompok pik remaja di lingkungan madrasah dengan baik. Selaku juri dia bersama Nurulia Tiara Sani dan Ajib Rahmat Dwi Murdani.

Beberapa aspek yang dinilai selain administasi juga kesekretariatan dan pengetahuan atau pemahaman pengurus akan program Genre dan material lainnya.

PIK Remaja Kansa MTs Ma’arif 2 Muntilan segera mempersiapkan diri untuk lomba apresiasi pik remaja di tingkat Nasional awal bulan Agustus.

Eko Priyono