Melalui karya bakti gotong royong bersama perangkat desa dan masyarakat, para prajurit TNI yang bertugas di Koramil, peduli membantu pemugaran rumah milik warga kurang mampu.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, para personel prajurit dari jajaran Koramil-17/Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, melakukan karya bakti membantu pemugaran rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim Pelda Indra, menyatakan, bedhah rumah milik warga tidak mampu tersebut, dilakukan melalui gotong royong bersama perangkat desa dan masyarakat.

Sasaran bedhah Rutilahu kali ini adalah memugar rumah milik Agus Widayat, warga Dusun Krawat, Desa Tempursari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Wonogiri. Karya bakti ini dipimpin langsung oleh Danramil-17 Sidoharjo Kapten (Cba) Oyon Subiyanto bersama Babinsa Sertu Adi Kusni.

Danramil-17 Sidoharjo, Kapten (Cba) Oyon Subiyanto, menyatakan, karya bakti ini sekaligus sebagai upaya menumbukembangkan semangat dan jiwa gotong royong masyarakat yang menjadi bagian dari budaya Nusantara. Yakni secara bersama-sama peduli membantu pemugaran rumah milik warga kurang mampu.

Sebagai satuan teritorial, tambah Kapten (Cba) Oyon Subaiyanto, prajurit TNI yang bertugas di Koramil, memiliki tugas membantu meringankan beban masyarakat. Salah satunya, melalui pelaksanaan karya bakti bedhah rumah. Kegiatan ini pelaksanaan tugas kewilayahan, dan menjadi salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Eromoko

Sementara itu, Babinsa Sertu Adi Kusni, menuturkan, rehab rumah secara gotong royong yang dilaksanakan Koramil bersama warga dengan sasaran membantu merenovasi rumah dan kali ini dengan melaksanakan perbaikan atap rumah.

Kepala Desa (Kades)Tempursari, Suti, dan Kepala Dusun (Kadus) Krawat, Suwardi, menyatakan, karya bakti bedhah rumah kali ini fokus melakukan perbaikan bagian atap rumah. Ini dilakukan, karena kondisinya masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Karya bakti yang sama, juga dilakukan di Dusun Eromoko Kulon, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Sasarannya adalah RTLH milik Ny Tumiyem, yang menadaptkan bantuan material dari Yayasan As Sholihin dan Masjid Ar Rohman Eromoko.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Yayasan As Sholihin Eromoko, Qomari, Kanit Samapta Polsek Eromoko, Aiptu Rahayu Widodo bersama anggota, Ketua RW Triyono, Ketua RT Joko.
Bambang Pur