blank
Ilustrasi makan jajanan sehat. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajanan sehat tentunya yang menyehatkan dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Ada banyak pilihan jajanan atau camilan yang ada di pasaran, namun kamu harus cermat dalam memilihnya. Pilihlah jajanan yang mengandung banyak zat gizi.

Jajanan yang banyak mengandung zat gizi seperti protein, serat, dan lemak sehat. Pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan dan jangan jajan sembarangan.

Dikutip dari Halodoc.com, ada berbagai pilihan jajanan sehat yang baik untuk tubuh kita. Kamu perlu memilih jajanan yang sehat dan bernutrisi. Simak!

1. Popcorn
Terbuat dari biji jagung, popcorn merupakan salah satu pilihan jajanan sehat, sekaligus teman nonton yang asyik. Dalam seporsi (56 gram) popcorn, terkandung 6 gram serat dan 5,22 gram protein.

Karena volumenya banyak, kamu bisa makan banyak dengan sedikit kalori, tapi tetap merasa kenyang. Agar lebih sehat, buatlah popcorn tanpa tambahan margarin dan caramel.

2. Nachos dan saus salsa
Jika sedang ingin ngemil yang renyah, gurih, dengan sedikit rasa segar, nachos dan saus salsa bisa jadi pilihan. Ini adalah jajanan yang lebih sehat, daripada keripik kentang berminyak dengan saus.

Dalam seporsi (10 pcs) keripik tortilla mengandung sekitar 74 kalori, sedangkan setengah cangkir salsa mengandung sekitar 20 kalori. Kandungan kalorinya cukup rendah, tapi rasanya nikmat!

3. Keripik beetroot
Pilihan jajanan sehat lainnya adalah keripik beetroot. Keripik ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan sayuran, dengan cara yang lebih menyenangkan daripada sayuran mentah.

Beetroot tidak hanya mengandung serat, vitamin B, vitamin C, dan potasium, tetapi juga mengandung nitrat anorganik yang bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk menurunkan tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Greek yoghurt
Tidak hanya untuk sarapan, greek yoghurt juga bisa jadi camilan yang sehat dan enak. Selain itu, yoghurt ini juga mengenyangkan karena tinggi protein dan juga mengandung kalsium.

Agar lebih enak dan sehat, beri tambahan topping kacang-kacangan atau biji-bijian untuk mendapatkan lemak sehat. Kalau ingin yang lebih segar, kamu juga bisa menambahkan potongan buah-buahan.

5. Es loli buah
Karena Indonesia adalah negara tropis, jajanan seperti es loli selalu diburu kala siang yang terik. Jika kamu ingin jajanan ini lebih sehat, coba buatlah es loli dari jus dan potongan buah.

Tak hanya menyegarkan, es loli buah juga bisa menambah asupan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat dehidrasi.

6. Puding chia
Meski kecil, biji chia memiliki manfaat kesehatan yang besar. Hanya sekitar 2 sendok makan saja mengandung 9 gram lemak tak jenuh (termasuk beberapa omega 3), 11 gram serat, 4 gram protein.

Selain itu, biji-bijian ini juga merupakan sumber kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam biji-bijian ini juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan usus, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jadi, jika kamu sedang mencari jajanan sehat, coba buat puding chia saja!

7. Salad buah
Bukan hanya mengenyangkan, salad buah juga merupakan jajanan sehat yang kaya nutrisi. Aneka jenis buah di dalamnya dapat memberi asupan vitamin, mineral, dan sehat.

Jika menggunakan yoghurt sebagai dressing dan keju sebagai topping, kamu bisa mendapatkan tambahan kalsium dan protein juga.

Ning S