blank
Personel Babinsa dan Anggota TNI dari Koramil-21 Bulukerto, Kodim 0728 Wonogiri, bersama perangkat desa dan warga masyarakat melakukan kerja bakti di loksi bencana tanah longsor.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Akses jalan menuju ke objek wisata Goa Resi dan ke objek wisata Soka Langit di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, terputus oleh dampak adanya bencana tanah longsor.

Seperti diberitakan, bencana tanah longsor setidak-tidaknya terjadi di 5 titik di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Dua titik diantaranya berada di Dusun Nglarangan, kemudian 3 titik lainnya berada di Jalan Jenggrik, Jalan Genting dan kandang ternak milik Ridi.

Camat Bulukerto, Djuwariah, Sabtu (25/3), memprediksi, putusnya akses ke objek wisata tersebut akan segera dapat dipulihkan dalam waktu beberapa hari terakhir ini. Sebab, tandasnya, telah didatangkan pula bantuan alat berat untuk melakukan percepatan penanganan.

Babinsa Desa Conto Koramil-21/Bulukerto Koptu Edy melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, longsor di Dusun Ngeluh RT 4/RW 4 telah merusak akses jalan ke objek wisata Goa Resi. Juga merusak 1 rumah warga, karena terbawa gerakan longsor ke arah bawah. Taksir kerugian mencapai Rp 100 juta lebih.

Kemudian bencana tanah longsor di Dusun Ngalarangan RT 1/RW 1 telah menutup ruas jalan kampung di Dusun Nglarangan RT 2/RW 1. Juga menimbuni ruas jalan menuju objek wisata Soka Langit, serta ruas jalan Bekokek di Dusun Kempul RT 5/RW 8.

Alat Berat

Sabtu (25/3) diadakan kerja bakti gotong royong warga masyarakat dengan melibatkan perangkat desa, personel Babinsa dan Prajurit TNI dari Koramil-21 Bulukerto. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Trias Budiono, mengirimkan Tim yang dipimpin Kasi Darurat Logistik (Darlog) Yatino ke lokasi bencana.

Kedatangan sejumlah pihak ini, untuk membantu kerja bakti melakukan pembersihan material longsoran yang menimbuni badan jalan. Utamanya pada titik-titik yang longsorannya berkategori ringan maupun sedang.

Untuk sejumlah titik longsoran yang masuk kategori bervolume besar, menunggu kedatangan bantuan alat berat. Seperti diberitakan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri Ir Prihadi Ariyanto MT, telah mengirimkan bantuan alat berat sesuai permintaan dari pihak desa.

Harapannya, dengan menggunakan alat berat, penanganan tanah longsor di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, dapat dipercepat untuk tujuan pemulihan.

Penggunaan alat berat, ini sebagaimana yang pernah dilakukan pada bencana longsor di jalur Gunung Tunggangan di ruas jalan antarkecamatan. Yakni di jalur Kecamatan Tirtomoyo dengan Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, yang terjadi beberapa waktu lalu.

Bambang Pur