blank

BLORA (SUARABARU.ID) :Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora dan Bank Jateng Cabang Blora mengadakan Bimbingan Teknis Cash Management System (CMS) Bank Jateng untuk 16 desa di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, Penerapan CMS ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Blora bersama Bank Jateng dalam mengimplementasikan elektronifikasi transaksi.

Acara yang bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora tersebut merupakan tindak lanjut setelah dilaunchingnya CMS Pemdes pada 10/08/2022 lalu, acara yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Operator Keuangan Desa selaku pemegang user CMS tersebut dibuka langsung oleh Sutarso Camat Randublatung. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan dukungan penuh terhadap penerapan CMS untuk Pemerintah Desa.

“Sebagai bentuk dukungan kita terhadap program dari Kabupaten, kita terapkan CMS ini dengan sebaik-baiknya, agar administrasi keuangan di Desa bisa transparan, akuntabel dan tertib” kata Sutarso.

Sementara itu M.Amin Zainudin yang merupakan Sub Koordinator Bidang Penataan, Pengembangan dan Pengelolaan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bloa juga memberikan pesan kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut.

“Dengan adanya CMS ini bapak ibu semua nanti tidak usah sering-sering ke Bank Jateng lagi, karena semua transaksi bisa dilakukan melalui CMS, tetapi tetap berhati-hati dalam pengelolaannya” ungkap Amin.

“Di trimester kedua nanti semua desa sudah tidak boleh melakukan penarikan di Bank Jateng, harus melalui CMS” lanjutnya.

Hadir sebagai pengisi materi dari Bank Jateng Cabang Blora, Taufiq Ramadhan memberikan penjelasan teknis terkait dengan penggunaan CMS kepada peserta yang hadir, dalam materinya disampaikan beberapa kemudahan dan manfaat dari CMS.
“CMS ini dapat melakukan beragam transaksi perbankan seperti transfer antar rekening, pembayaran tagihan dan sebagainya”.

Bank Jateng