blank
Tamu undangan foto bersama dengan tim YBM BRILiaN .(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan YBM BRILiaN meresmikan BRILiaN Farm atau kandang berkapasitas 500 ekor domba di Desa Pagerwojo, Kecamatan Limbangan, Sabtu(10/03/2023).

Kandang BRILiaN Farm adalah program kolaborasi Dompet Dhuafa dengan YBM BRILiaN dalam bidang peternakan untuk mempersiapkan stok hewan kurban di Jawa Tengah dengan mendayagunakan mustahik dan warga sekitar desa.

Selain dihadiri oleh para penerima manfaat dan warga sekitar, peresmian BRILiaN Farm ini, juga dihadiri oleh Kepala Desa Pagerwojo, Yunianto, Camat Limbangan Alfebian Yulando, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan dan tim, GM Ekonomi dan Pengenbangan Cabang, Udhi Tri Kurniawan, pengurus YBM BRILiaN Regional Office Semarang Dian Jati Utomo, pengurus Bidang Mustahik Empowerment Program YBM BRILiaN, Fleming dan perwakilan dari Dinas Pertanian Kendal.

Peresmian BRILiaN Farm di Kendal ini dibuka pukul 08:00-.12:00 dengan menghadirkan kesenian Jatilan Sendra Tari Rama Sinta oleh grup kesenian Limbangan.

“Program Kandang YBM BRILiaN ini diharapkan bisa mengubah taraf hidup masyarakat,”kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan.

Zaini Tafrikhan, mengatakan Dompet Dhuafa Jawa tengah, sangat terbuka dan senang bisa berkolaboraksi dengan teman-teman YBM BRILiaN, karena dari program YBM BRILiaN bukan hanya satu atau dua orang saja yang mendapatkan manfaat, namun bisa sampai ratusan bahkan ribuan, mulai dari pekerja kandang sampai penerima manfaat daging kurban nantinya.

BRILiaN farm ini, dibangun di atas tanah seluas 4.200 meter persegi. Tanah kandang YBM BRILiaN ini merupakan tanah milik warga yang disewa selama 10 tahun.

“Alhamdulillah sehari peresmian namun manfaatnya bisa sampai sepuluh tahun kedepan. Manfaat untuk Desa Pagerwojo dan juga manfaat untuk Jawa Tengah,” tutur GM Ekonomi dan Pengenbangan Cabang, Udhi Tri Kurniawan.

Menurut Udhi, program BRILiaN Farm ini, merupakan program yang dikolaborasikan dengan Dompet Dhuafa di berbagai provinsi di Jawa Timur, Jawa Tengan dan Yogyakarta.

“Harapan kami, bukan hanya program peternakan saja, namun juga program-program lainnya bisa kami kolaborasikan bersama,” ujar pengurus bidang Mustahik Empowerment Program YBM BRILiaN pusat, Fleming.

Setelah acara peresmian selesai, seluruh peserta dibimbing oleh Manajer Farm, Arif Fajar Hidayat berkeliling mulai dari kandang, rumah pakan dan rumah pemotongan hewan. Sapawi