blank
Pemdes Tegalsambi bersama lembaga desa dan masyarakat kerjabakti bersih-bersih pantai.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Hujan lebat disertai badai yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini sangat berdampak pada beberapa obyek wisata laut dan pantai di Kabupaten Jepara.

Kondisi cuaca yang demikian membuat gelombang air laut meningkat. Sehingga  menyebabkan sampah plastik, kayu dan bambu terbawa hingga ke pinggir pantai.

blank
Sampah yang menumpuk akibat gelombang tinggi.

Salah satu pantai yang tercemar oleh sampah yang terbawa gelombang adalah Pantai Tegalsambi. Keberadaan sampah kiriman terlihat sangat mengganggu dan tidak sedap dipandang. Selain itu dapat menimbulkan dampak penyakit.

Bersama dengan masyarakat, RT, RW, LPMD, PKK, Kader, Pokdarwis, Linmas dan Bhabinkamtibmas Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalsambi melakukan kerja bakti bersih-bersih sampah di Pantai Tegalsambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Jumat (6/1/2023).

Sebanyak dua ratus sak sampah berhasil dikumpulkan yang kemudian diangkut truk sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain”, kata Petinggi Desa Tegalsambi, Agus Santoso.

Lebih jauh ia mengatakan dengan kegiatan bersih-bersih pantai ini  pantai Tegalsambi tetap indah dan lestari. “Pantai Tegalsambi yang kita cintai ini harus kita jaga bersama supaya tetap menjadi destinasi populer wisatawan”, terang Agus.

“Dengan kegiatan ini kita juga secara tidak langsung memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kelestarian lingkungan khususnya di pantai Tegalsambi”, pungkasnya.

ua/fitra